Tanggapi Keluhan Masyarakat, DPU Bina Marga Jatim Gelar Survey Topografi Lapangan di Mojokerto dan Jombang – El Jabar

Tanggapi Keluhan Masyarakat, DPU Bina Marga Jatim Gelar Survey Topografi Lapangan di Mojokerto dan Jombang

MOJOKERTO, eljabar.com – Sejumlah ruas jalan di wilayah Mojokerto dan Jombang, tepatnya ruas Jembatan Ploso Baru, Link 168 dan Link 157 terendam genangan air, saat terjadi hujan lebat yang terjadi di wilayah setempat.

Kondisi itu dikeluhkan oleh masyarakat, dan para pengguna jalan yang aktivitasnya terganggu saat melintas di wilayah tersebut.

Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Bina Marga Provinsi Jawa Timur, melalui Unit Pelaksana Teknis Pengelola Jalan dan Jembatan (UPT PJJ) Mojokerto langsung merespons secara cepat keluhan itu. Yakni, dengan menurunkan tim guna melaksanakan survey topografi lapangan di ruas-ruas jalan tersebut.

Adapun metode survey yang dilaksanakan 11-18 November 2022 itu adalah pengukuran topografi dengan menggunakan Alat GNSS (Global Navigation Satellite System) atau Sistem navigasi satelit.

Alat ini dapat mengirimkan data posisi (garis bujur dan lintang, dan ketinggian) dan sinyal waktu dari satelit ke alat penerima di permukaan.

Kepala Sub Bagian Tata Usaha UPT PJJ Mojokerto, Pranoto Adi Wiyoto mengatakan, survey ini bertujuan untuk mengetahui penyebab terjadinya genangan air, pada ruas-ruas jalan tersebut.

Dari hasil survey ini, akan dibuat berita acara yang akan digunakan sebagai bahan pertimbangan maupun usulan perbaikan jalan, pada Tahun Anggaran 2022.

“Berdasarkan hasil survey, didapatkan fakta bahwa ada beberapa titik banjir dan gorong-gorong yang tidak berfungsi akan segera dibahas dan ditindaklanjuti segera,” pungkasnya. (bm_news)

Categories: Nasional