Telah Mencapai 75,86 Persen, Pembangunan Bendungan Pidekso Ditarget Selesai Oktober 2021 – El Jabar

Telah Mencapai 75,86 Persen, Pembangunan Bendungan Pidekso Ditarget Selesai Oktober 2021

WONOGIRI, eljabar.com — Pembangunan Bendungan Pidekso di Kecamatan Giriwoyo, Kabupaten Wonogiri hingga minggu keempat Agustus 2021 telah mencapai 75,86 persen.

Progres pekerjaan bendungan multi fungsi dan menjadi salah satu royek strategis nasional bidang ketahanan pangan dan ketahanan air tersebut melebihi target yang direncanakan yaitu 75,84 persen.

Hal itu terungkap dalam kegiatan monitoring Kepala Balai Besar Wilayah Sungai Bengawan Solo (BBWSBS) Agus Rudyanto beserta jajaran ke lokasi pembangunan bendungan yang didesain memiliki kapasitas daya tampung sebesar 25 juta meter kubik dan luas genangan maksimum 232 hektare.

“Pelaksanaan paket pekerjaan Bendungan Pidekso hendaknya bisa terlaksana sesuai dengan target dan tepat waktu,” kata Agus, Selasa (24/08/2021), dikutip dari laman sda.go.id.

Bendungan yang berada di hulu Sungai Bengawan Solo ini direncanakan mampu memenuhi kebutuhan irigasi area pertanian yang akan menunjang ketahanan pangan seluas 1.500 hektare dan air baku sebesar 300 liter per detik untuk wilayah Kabupaten Wonogiri, Kabupaten Sukoharjo serta Kota Solo dan sekitarnya.

Selain itu, bendungan yang berada di Desa Pidekso dan Tukulrejo, Kecamatan Giriwoyo, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah tersebut juga berfungsi sebagai pengendali banjir, lahan konservasi, pembangkit tenaga listrik sebesar 0,5 megawatt dan pariwisata yang dapat membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat di sekitar bendungan.

Kendati begitu pemanfaatan untuk pariwisata dilakukan dengan tidak mengganggu fungsi utama dari Bendungan Pidekso.

Bendungan ini pula diharapkan akan meningkatkan intensitas tanam, dari yang semula hanya 133 persen menjadi 240 persen. Setara dengan 2000 hektare menjadi 3.600 hektare.

Sebelumnya, kontraktor pelaksans PT. Pembangunan Perumahan (Persero) mengatakan akan menyelesaikan pekerjaan Bendungan Pidekso yang mempunyai tinggi bendungan utama 40 meter dan panjang 387 meter tersebut pada Oktober 2021 mendatang. Ini juga mencakup penggenangan awal atau impounding.

Untuk itu, Agus berpesan agar dalam pelaksanaan paket pekerjaan Bendungan Pidekso dikerjakan sesuai dengan target yang telah ditetapkan. (*wn)

Categories: Nasional