Terdampak PPKM, Dinsos Kota Sukabumi Salurkan Bantuan Kepada PPKS Lansia – El Jabar

Terdampak PPKM, Dinsos Kota Sukabumi Salurkan Bantuan Kepada PPKS Lansia

SUKABUMI, eljabar.com — Pemerintah Kota Sukabumi melalui Dinas Sosial setempat berikan bantuan makanan kepada Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS) lanjut usia (lansia) terlantar.

Bantuan tersebut diberikan oleh Walikota Sukabumi H. Achmad Fahmi bersama Kapolres Sukabumi Kota, Dandim 0607 Sukabumi, dan Liaison Officer Pemprov Jabar Dadi Iskandar. Sabtu (24/07/2021).

Kasie Rehabilitasi Sosial pada Dinsos Kota Sukabumi Herman, mengungkapkan, Pemberian permakanan untuk para Lansia terlantar ini, merupakan salah satu program Rehabilitasi Sosial Dasar di Bidang Rehabilitasi Perlindungan dan Jaminan Sosial, Dinas Sosial Kota Sukabumi.

Kegiatan ini juga, lanjut Herman, salah satu upaya pemenuhan kebutuhan dasar, disamping pemenuhan kebutuhan sandang dan kesehatan yang diberikan terhadap lansia terlantar, anak terlantar, disabilitas terlantar serta gepeng secara keseluruhan.

“Jadi kegiatan ini salah satu bentuk pemenuhan kebutuhan sandang dan kesehatan yang diberikan kepada mereka,” terangnya.

Program rehabilitasi sosial dasar sendiri, sambung Herman, bertujuan untuk mengembalikan fungsi sosial sampai tahap optimal dengan sasaran PPKS di seluruh wilayah Kota Sukabumi, yang dilaksanakan secara terencana dan komprehensif secara profesional dengan dukungan tenaga yang kompeten antara lain Perkerja Sosial Profesional dan relawan-relawan sosial yang tersebar disetiap wilayah.

“Dengan kegiatan ini juga salah satu bukti bahwa kami (Pemkot Sukabumi, red) hadir untuk mereka,” terangnya.

Selain itu juga pihaknya juga mengirimkan tim Tagana tentang dukungan pembukaan dapur umum dalam penanganan covid-19. Sebagai tindak lanjut surat edaran dari Dirjen Rehabilitasi Kosial, Kementrian Sosial RI nomor: 420/4.3.12/KS02.01/7/2021 tgl. 21 Juli 2021.

Kegiatan tersebut berlangsung selama 6 hari yang bertempat di Palha Marta dan Loka Rehabilitasi Sosial orang dengan HIV Kahirupan di Sukabumi.

“Untuk dukungan dapur umum sudah kita kirimkan pada hari ini,” ujar Herman, Senin (26/07/2921).

Teknisnya, nanti secara bersama-sama akan membuka layanan dapur umum di BRSPDM Palha Marta.

Dengan tujuan pembukaan dapur umum untuk memberikan dukungan kepada pemerlu pelayanan kesejahteraan sosial PPKS di wilayah Kab/Kota Sukabumi, warga terlantar/marginal, masyarakat yang menjalani isolasi mandiri, tenaga medis dan petugas keamanan selama pelaksanaan PPKM di Kota Sukabumi. (Anne)

 

Categories: Regional