Terkait Isu Strategis, Menteri PPN/Bapenas Kunker ke Kabupaten Sumedang

SUMEDANG, eljabar.com — Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Bapenas RI Suharso Monoarfa melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Sumedang. Kunjungan ini untuk melihat dan mendengar secara langsung sekaligus memberikan masukan terkait kebutuhan pembangunan dan isu strategis di Kabupaten Sumedang.

Kedatangan Menteri beserta rombongan diterima langsung Oleh Bupati Sumedang  H. Dony Ahmad Munir didampingi Sekretaris Daerah Kabupaten Sumedang Herman Suryatman, Para Asisten, Staff Ahli, para Kepala SKPD dan Camat, di Gedung Negara, Minggu (5/1/2020).

Pertemuan ini diawali dengan pemaparan Bupati Sumedang  mengenai kondisi potensi daerah dan program unggulan Pemerintah Daerah Kabupaten Sumedang yang sudah termuat dan disusun pada dokumen RPJMD Kabupaten Sumedang 2018-2023 dengan Visi Sumedang Simpati.

Bupati Dony dalam paparannya menyampaikan, saat ini pemerintah daerah Kabupaten Sumedang terus berbenah dengan melakukan percepatan pembangunan secara terencana, terpadu dan terarah  sesuai dengan koridor Visi Sumedang Simpati.

“Harapan saya Sumedang bisa mewujudkan Visi Sumedang Simpati 2023, bahkan kita ingin menjadikan Sumedang menjadi be the first, be the best dan be the different dengan daerah lain, itu tekad kami,” kata bupati.

Ia mengatakan, untuk mencapai target pembangunan tersebut, beberapa Program unggulan digulirkan diantaranya, Mall Pelayanan Publik (MPP), KTP Gratis, Public Service Center (PSC 119), Koperasi Syariah, GARUDA (Gerakan Wirausaha Muda), OVOC/OVOP (One Village One Company/Product) pembangunan infrastruktur serta program lainnya.

Lebih lanjut Bupati Dony mengatakan, Pemerintah Daerah Kabupaten Sumedang juga fokus menyelaraskan kerangka pembangunan antara pemerintah pusat, pemerintah provinsi dan pemerintah kabupaten dengan mengedepankan potensi dan letak geografis daerah.

Terkait perencanaan pembangunan Kabupaten Sumedang kedepan, dengan adanya pembangunan proyek strategis nasional di Jawa Barat diharapkan akan hal ini membawa dampak positif dan peluang bagi pengembangan wilayah di Kabupaten Sumedang.

Kaitan hal itu, secara khusus Bupati mengungkapkan keinginanya kepada Pemerintah Pusat melalui Kementerian Perencanaan Pembangunan RI agar dilakukan percepatan pembangunan infrastruktur di Kabupaten Sumedang khususnya di tiga kawasan, yakni Kawasan Pendidikan Jatinangor, Kawasan Jatigede dan Exit Tol Cisumdawu.

“Pertama, pusat kawasan perkotaan nasional bisa dijadikan Kawasan Perkotaan Jatinangor bisa dihadirkan Infrastruktur sarana dan prasarana yang bagus. Kedua, Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata Jatigede. Ketiga, kami ingin percepatan infrastruktur di 6 exit tol sebagian exitnya ke jalan kabupaten, jadi kami minta jalan kabupatennya ditingkatkan statusnya jadi jalan Nasional,” ungkapnya.

Menanggapi paparan dan informasi yang disampaikan Bupati tersebut,  Suharso Monoarfa menyampaikan

apresiasi atas kerja keras Pemkab Sumedang yang sudah berupaya melakukan percepatan pembangunan di Kabupaten Sumedang. Ia juga mengatakan, Pemerintah Pusat akan berupaya membantu mengembangkan pembangunan di tiga kawasan tersebut. (Abas)

Categories: Nasional