Terkait Musibah yang Terjadi, RK Harus Evaluasi Ijin Tambang

PURWAKARTA, eljabar.com – Belum lama ini terjadi musibah yang mengakibatkan kerusakan menimpa bangunan rumah dan sekolah. Lokasi kejadian tepatnya di Kampung Cihandeuleum, Desa Sukamulya, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat.

Atas musibah yang terjadi akibat pertambangan yang tidak terkendali, Anggota Fraksi Gerindra DPRD Jawa Barat, Ihsanudin yang kebetulan dapil Purwakarta-Karawang, langsung turun meninjau lokasi kejadian, mengecek aktivitas tambang yang  berada dibawah izin  Provinsi Jawa Barat itu.

Ihsanudin merasa prihatin dengan kejadian yang musibah akibat kelalaian pengelola tambang, sehingga menyebabkan musibah yang menimpa masyarakat.

“Saya sebagai wakil rakyat daerah pemilihan Karawang dan Purwakarta, menyampaikan keprihatinan yang mendalam dan berharap hal ini tidak terjadi kembali di kemudian hari,” ujar Ihsanudin, kepada elJabar.com, Kamis (10/10/2019).

Ihsanudin meminta Gubernur Jawa Barat, Rudwan Kamil untuk segera melakukan evaluasi terkait perusahaan tambang yang beroperasi di wilayah Jawa Barat, khususnya PT Mandiri Sejahtera Sentra (PT MSS).

“Apabila terbukti ada kelalaian, kami minta izin pertambangan perusahaan tersebut dicabut dan berikan sanksi tegas,” tandas Ihsanudin. “Peristiwa ini sangat merugikan masyarakat kami. Pemprov. Jabar pun harus berkoordinasi dengan pihak kepolisian. Apalagi selama ini proyek pertambangan menggunakan bahan peledak yang bisa berdampak negative, apabila dilakukan tidak sesuai prosedur,” tambahnya.

Ihsanudin juga menghimbau kepada warga yang bermukim di sekitar PT MSS dan perusahaan pertambangan lainnya, agar senantiasa berhati-hati dan waspada, serta segera melaporkan apabila terdapat kejanggalan di saat perusahaan beraktivitas. (MI)

Advertisement

Categories: Regional