Termasuk Sumedang, Presiden Jokowi Serahkan 584.407 Sertifikat Tanah Secara Virtual - El Jabar

Termasuk Sumedang, Presiden Jokowi Serahkan 584.407 Sertifikat Tanah Secara Virtual

SUMEDANG, eljabar.com — Presiden Republik Indonesia Joko Widodo menyerahkan secara Virtual 584.407 sertifikat tanah di 26 provinsi dan 273 Kabupaten/Kota, termasuk Sumedang.

Dalam arahannya Presiden Jokowi mengatakan, penyerahan sertifikat tanah tersebut merupakan komitmen pemerintah untuk terus mempercepat sertifikasi tanah di seluruh Indonesia.

“Target di Tahun 2020 sebetulnya 11 juta sertifikat, namun karena adanya pandemi covid 19 hanya bisa terealisasikan 6,8 juta sertifikat. Saya yakin jika keadannya normal, kita bisa lakukan lebih dari target,” ucapnya.

Presiden juga mengatakan bahwa sertifikat tanah merupakan sebuah kepastian hukum dan hak atas tanah yang dimiliki pemilik tanah.

Sementara itu, Bupati Sumedang Dr. H. Dony Ahmad Munir yang mengikuti penyerahan sertifikat secara virtual tersebut mengatakan, di Kabupaten Sumedang sendiri Pemkab beserta BPN Kabupaten Sumedang menargetkan 25 ribu sertifikat Program Pendaftaran Tanah Sertifikat Lengkap (PTSL).

“Alhamdulillah kami berikan sertifikat PTSL sesuai dengan target yaitu 25 ribu sertifikat. Untuk hari ini saya bagikan 10 ribu sertifikat dari sebelumnya sudah dibagikan 15 ribu, jadi totalnya 25 ribu sertifikat,” ucapnya pada saat mengikuti penyerahan sertifikat secara virtual di Gedung Negara, Selasa (5/1/2021).

Sebagaimana disampaikan Presiden, Bupati juga mengatakan bahwa penyerahan sertifikat tersebut sebagai bagian dari ikhtiar pemerintah untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat terutama atas kepastian hukum dan kejelasan atas hak tanah.

“Dengan adanya pemberian sertifikat ini, para pemilik tanah mempunyai kepastian dan kejelasan hukum atas tanah yang dimilikinya. Selain itu, keberadaan sertifikat akan mengurangi konflik atau sengketa tanah, dan juga sertifikat ini bisa bernilai ekonomis jika digunakan untuk hal-hal produktif,” ungkapnya.

Apresiasi tinggi juga diberikan Bupati kepada jajaran BPN Kabupaten Sumedang atas upaya dan kerja kerasnya.

“Saya memberikan apresiasi sebesar-besarnya kepada BPN Sumedang yang telah bekerja keras dalam pelaksanaan pembagian sertifikat dengan target besar ini. Selain target pemberian sertifikat, BPN juga mempunyai target lain yaitu pembebasan lahan Tol Cisumdawu,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala BPN Kabupaten Sumedang Agus Sumiarsa mengatakan, hari itu pihaknya telah menyerahkan sebanyak 10.292 sertifikat dari target PTSL 2020 sebnyak 25 ribu.

“Alhamdulillah yang menjadi target di tahun 2020 sudah bisa diserahkan dalam dua kali penyerahan,” ungkapnya.

Agus juga menambahkan tahun 2021 target Kabupaten Sumedang bertambah dari tahun sebelumnya yaitu menjadi 80 ribu target sertifikat.

“Pelaksaannya terbagi dengan lima tim dan masing-masing tim akan menyelesaikan sebanyak 16 ribu sertifikat. Ini akan tersebar di 40 desa, karena mulai Tahun 2020 dan selanjutnya pelaksanan PTSL harus dilaksanakan secara desa lengkap,” terangnya.

Artinya, lanjut Agus, seluruh bidangtanah yang ada di desa yang ditunjuk sebagai lokasi PTSL harus terpetakan sehingga akan diketahui berapa jumlah bidang tanah di desa-desa dimaksud.

“Jika kita melihat jumlah bidangan tanah yang ada di Kabupaten Sumedang, ada sebanyak 864 ribu bidang tanah. Sementara yang sudah disertifikatkan baru sekitar tiga ratus ribuan sehingga masih ada tiga ratus ribuan target lagi yang harus kami selesaikan. Menurut rencana, akan terselesaikan di tahun 2024. Harapan kami di tahun 2024 seluruh bidang tanah di Kabupaten Sumedang bisa terpetakan,” pungkasnya.

Hadir pada kesempatan tersebut, Forkopimda Kabupaten Sumedang, jajaran BPN Kabupaten Sumedang, para Camat, kepala Desa, dan warga perwakilan penerima sertifikat. (Abas)

Categories: Nasional