Utamakan Keselamatan Masyarakat, DPU Bina Marga Jatim Tangani Longsor Jalan Purwodadi Nongkojajar – El Jabar

Utamakan Keselamatan Masyarakat, DPU Bina Marga Jatim Tangani Longsor Jalan Purwodadi Nongkojajar

PROBOLINGGO, eljabar.com – Hujan deras yang mengguyur wilayah Kabupaten Pasuruan pada Rabu telah mengakibatkan ruas jalan provinsi link 198 jurusan Purwodadi – Nongkojajar Km 77+700 terdampak bencana longsor.

Guna menjaga faktor keselamatan masyarakat, Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Bina Marga Provinsi Jawa Timur melalui Unit Pelaksana Teknis Pengelolaan Jalan dan Jembatan (UPT PJJ) Probolinggo, langsung menerjunkan Tim Unit Reaksi Cepat (URC) mengatasi longsoran tersebut, tepat di malam kejadian.

Kepala UPT PJJ Probolinggo yang sekaligus juga Ketua Koordinator Tim URC UPT PJJ Probolinggo, Budi Setyono, mengatakan, begitu mendengar kabar adanya longsor, pihaknya langsung menurunkan alat berat excavator dan Tim URC untuk melakukan evakuasi longsoran.

“Ruas jalan yang terdampak longsor tersebut merupakan salah satu akses utama menuju ke kawasan wisata Bromo Tengger Semeru, dan tentunya banyak dilalui oleh masyarakat,” ujar Budi.

Budi menjelaskan, longsor itu berasal dari gunturan tanah dan bebatuan dari tebing setinggi 6 meter yang berada disamping jalan sehingga menutupi badan jalan sepanjang 8 meter, lebar setengah perkerasan.

“Tinggi timbunan tanah yang menutupi badan jalan mencapai 1,5 meter,” imbuhnya.

Sementara itu, Koordinator Tim URC wilayah Pasuruan, Zaenal Arifin menerangkan, berkat tindakan cepat dan kerja keras para anggota tim, tak kurang dari 1×24 jam longsoran itu telah berhasil ditangani.

“Alhamdulillah, proses pembersihan aman terkendali, dan dapat diselesaikan pada sekitar pukul 02.30,” kata Zainal.

Pihaknya juga berpesan agar masyarakat dan pengguna jalan diharapkan untuk berhati-hati dan selalu waspada saat berkendara di ruas tersebut.

“Terutama di daerah pegunungan yang rawan longsor saat musim penghujan ini,” pungkas Zainal. (bmnews/*)

Categories: Regional