Wabup Sumedang Berharap Diskominfosanditik Menjadi Pionir Bagi SKPD Dalam Implementasi SAKIP - El Jabar

Wabup Sumedang Berharap Diskominfosanditik Menjadi Pionir Bagi SKPD Dalam Implementasi SAKIP

SUMEDANG, eljabar.com — Dinas Komunikasi Informatika Persandian dan Statistik (Diskominfosanditik) diharapkan dapat menjadi pionir bagi SKPD lain yang ada di Kabupaten Sumedang dalam implementasi SAKIP (Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah) sehingga Tahun 2022 SAKIP Kabupaten Sumedang menjadi yang terbaik diantara Kabupaten/Kota di Jawa Barat.

Hal tersebut dikatakan Wakil Bupati Sumedang H. Erwan Setiawan saat memberikan pembinaan dalam rangka Akselerasi Peningkatan Kinerja Perangkat Daerah di Kantor Diskominfosanditik, Senin (23/11/2020).

Wabup mengatakan, Nilai Sakip Diskominfosanditik yaitu 68,74 atau B dan diahrapkan ke depan nilai SAKIP-nya bisa lebih baik lagi.

“Diskominfosanditik diharapkan mampu memahami indikator kinerja individu yang nantinya akan mendorong pencapaian kinerja organisasi,” ujar Wakil Bupati.

Wabup mengatakan, Tahun 2017 nilai SAKIP Kabupaten Sumedang terendah dari 27 Kabupaten/Kota di Jawa Barat dan akhirnya naik menjadi posisi ke-7 di Tahun 2019.

“Alhamdulillah Tahun 2019 SAKIP Kabupaten Sumedang menjadi peringkat ke-7 di Jawa Barat. Tentunya ini merupakan kerja sama kita semua dalam mengimplementasikan SAKIP di Kabupaten Sumedang,” imbuhnya.

Wabup menyebutkan,  Kabupaten Sumedang oleh kabupaten lain dijadikan percontohan terkait dalam penerapan e-SAKIP.

“Kabupaten lain sudah datang ke Sumedang untuk mengimplementasikan e-SAKIP diantaranya Kabupaten Pangandaran, Ciamis dan Kuningan. Saya harapkan tahun 2022 nilai SAKIP kita harus berada di rangking pertama di Jawa Barat,” ujarnya.

Wabup juga berpesan agar Diskominfosanditik harus fokus pada Perencanaan sehingga nilainya tinggi atau mencapai 90 persen.

“Saya harap minimal dalam Perencanaan harus 90 persen, Pengukuran Kinerja harus memiliki target 80 persen. Apabila sudah direncanakan dengan matang, maka nilai SAKIP di Kabupaten Sumedang akan memperoleh nilai A di tahun 2022. Saya harap ke depan Diskominfosanditik bisa meningkat atau mencapai nilai SAKIP BB,” imbuhnya.

Ditambahkan Wakil Bupati, mempertahankan prestasi itu lebih susah dibanding meraihnya.

“Maka dari itu, Kabupaten Sumedang harus terus melakukan perbaikan dalam  SAKIP ke depannya dan Diskominfosanditik menjadi bagian yang berkontribusi dalam perbaikan tersebut,” pungkasnya. (Abas)

Categories: Pemerintahan