Wakil Bupati Sumedang Minta Seluruh SKPD dan Camat Siaga Bencana – El Jabar

Wakil Bupati Sumedang Minta Seluruh SKPD dan Camat Siaga Bencana

SUMEDANG, eljabar.com — Wakil Bupati Sumedang Erwan Setiawan meminta seluruh kepala SKPD dan Camat meningkatkan kesiapsiagaan dalam rangka antisipasi terjadinya bencana banjir dan longsor.

Instruksi tersebut disampaikan Wabup saat memimpin Rapat Koordinasi (Rakor) Pemerintahan dan Kebencanaandi Pendopo Setda, IPP Kabupaten Sumedang, Rabu (13/01/2021).

“Saat ini curah hujan sangat tinggi. Dalam setiap kesempatan saya selalu menyampaikan kepada kepala SKPD, para Camat, dan kepala desa untuk selalu siaga, tolong mitigasi potensi bencana,” ujarnya.

Dikatakan Wabup, berdasarkan hasil analisis Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), puncak musim hujan berada di bulan Januari dan Februari 2021 sehingga berpotensi terjadinya banjir dan longsor.

Ia pun langsung mengintruksikan seluruh Camat wajib tinggal di tempat penugasan dan setiap saat harus memonitor kondisi lapangan, terutama lokasi-lokasi rawan longsor dan banjir.

“Tolong didata tanah kas desa yang bisa digunakan relokasi warga di daerah rawan bencana. Nanti pembangunannya akan dibantu BNPB pusat. Mitigasi juga perumahan yang berpotensi longsor di semua wilayah di tiap kecamatan,” ungkapnya.

Lebih lanjut Wabup Erwan juga memerintahkan para Camat melakukan deteksi dini apabila ada indikasi terjadi bencana serta segera melaporkan kepada BPBD agar secepatnya bisa dilakukan cegah dini.

Ia pun meminta semua kepala SKPD harus waspada dan siaga bencana serta selalu proaktif dan siap sedia memberikan bantuan dan fasilitas apabila diperlukan.

“Para Camat dan SKPD tanpa kecuali tolong waspada dan siaga bencana. Apabila ada waktu, silakan bantu Posko Tanggap Darurat di SMAN Cimanggung. Sudah ditetapkan dari pusat selama 21 hari tanggap darurat di Cimanggung,” pungkasnya.

Hadir dalam kesempatan tersebut, Sekda Herman Suryatman, Plt. Asisten Pemerintahan Asep Uus dan para pimpinan SKPD serta para Camat se-Kabupaten Sumedang. (Abas)

Categories: Regional