Wakil Bupati Sumedang Sambut Tim Penilai Kwarcab Tergiat Tingkat Jawa Barat

SUMEDANG, eljabar.com — Wakil Bupati Sumedang H. Erwan Setiawan menerima Tim Penilai Kwarcab Tergiat Tingkat Jawa Barat di Kantor Kwarcab Gerakan Pramuka Sumedang, Jumat (13/12/2019).

Ketua Tim Penilaian Kwartir Cabang Tergiat Tingkat Daerah Jawa Barat Syahrul menyebutkan, penilaian tersebut merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap menjelang berakhirnya masa jabatan Kwarda Jawa Barat.

“Perlu kami sampaikan bahwa kepengurusan Kwartir Daerah Jawa Barat (periode ini) akan berakhir pada bulan Mei Tahun 2020. Maka dari itu, Kwarda Jawa Barat melaksanakan penilaian ini untuk melihat sejauh mana tingkat pembinaan kami terhadap Kwartir Cabang,” katanya.

Syahrul mengatakan bahwa Kwarcab Sumedang masuk Kategori Sedang.

“Sistem penilaian kami menggunakan Kategori Kwarcab Besar, Sedang, dan Kecil. Kabupaten Sumedang masuk kategori yang Sedang dengan saingannya Majalengka, Bandung Barat, Ciamis, Purwakarta, dan Bekasi,” tuturnya.

Masih menurut Syahrul, ada 5 aspek atau 5 bidang yang akan dinilai dalam tim penilaian kwarcab tergiat. Diantaranya adalah bidang organisasi, bidang pelatihan, pendidikan dan penelitian, bidang kepramukaan dan satuan karya, bidang adimas dan humas, bidang administrasi, kerjasama, keuangan dan usaha.

“Penilaian dalam menentukan kwarcab tergiat, penjumlahan nilai dilakukan secara on the spot (langsung di tempat saat itu juga). Nilai akhir setiap bidang dan skor akhir kumulatif yang diperoleh dari setiap cabang akan langsung ditandatangani. Kemudian, dicantumkan dalam berita acara yang ditandatangani oleh tim penilai dan penanggung jawab dari kwarcab,” sebutnya.

Wabup H. Erwan Setiawan selaku Ketua Kwarcab menyampaikan ucapan selamat datang kepada Ketua Tim Penilaian Kwartir Cabang Tergiat Tingkat Jawa Barat beserta jajaran yang telah hadir di Kabupaten Sumedang dalam rangka penilaian Kwarcab tergiat periode 2020.

“Kunjungan ini merupakan kesempatan yang baik, terutama untuk menginformasikan program dan kegiatan yang telah kami lakukan selama ini guna mengembangkan Gerakan Pramuka Kwarcab Kabupaten Sumedang,” ujarnya.

Dikatakan Wabup lebih lanjut, penilaian tersebut tidak hanya dalam rangka kompetisi, akan tetapitetapi sebagai bentuk dorongan dan pembinaan yang potensial membangkitkan motivasi, kepercayaan diri dan daya juang anggota Kwarcab Sumedang untuk semakin aktif.

“Saya harap Kwarcab Kabupaten Sumedang mampu memperoleh apresiasi positif dari tim penilai sebagai Kwarcab Tergiat yang aktif mengembangkan berbagai program dan kegiatan yang bermanfaat, mulai dari Pramuka Siaga, Penggalang, Pendega, hingga Pembina dan Pelatih serta tertib administrasi,” ungkap Wabup.

Wabup juga menyebutkan ada beberapa kegiatan yang akan dilaksanakan di akhir 2019.

“Rencana pada tanggal 27 Desember 2019, Kwarcab Kabupaten Sumedang akan melaksanakan kemah beserta pengurus yang materinya dalam rangka merencanakan agenda di Tahun 2020. Saya harap ini bisa dimanfaatkan demi berkembangnya Pramuka di Sumedang,” ujarnya.

Wabup juga berharap dengan pelaksanaan penilaian tersebut, Kwarcab Kabupaten Sumedang mampu mengevaluasi sejauh mana Gerakan Pramuka Kwarcab Kabupaten Sumedang berhasil menjalankan program kerjanya.

“Saya harapkan Kwarcab Kabupaten Sumedang mampu meraih hasil yang memuaskan dan membanggakan sehingga pada tahun 2020 mendatang kami bisa menyandang predikat sebagai Kwarcab Tergiat di Jawa Barat bahkan di tingkat nasional dapat diraih. kami juga mohon masukan dari tim penilai untuk dapat memberikan motivasi dan memperbaiki kekurangan yang ada, agar kami terus berupaya meningkatkan aktivitas pembinaan kepramukaan di Kabupaten Sumedang secara optimal,” pungkasnya. (Abas)

Advertisement

Categories: Pendidikan