Warga dari 3 Desa Sampaikan Tuntutan Kepada Pengembang Perumahan Griya Sampurna - El Jabar

Warga dari 3 Desa Sampaikan Tuntutan Kepada Pengembang Perumahan Griya Sampurna

SUMEDANG, eljabar.com – Puluhan perwakilan warga dari 3 desa yakni, Sawahdadap, Sukadana dan desa Cikahuripan sampaikan sejumlah tuntutan kepada pengembang perumahan Griya Sampurna di Aula kantor desa Sukadana, Kec. Cimanggung, Sumedang, Jawa Barat, Senin (25/1/2021).

Direktur Utama Perumahan Griya Sampurna Cahya Moch Nuh, membenarkan adanya keinginan atau aspirasi  warga dari tiga desa yang berada disekitar perumahan Griya Sampurna yakni, desa Cikahuripan, Sawahdadap dan desa Sukadana.

“Hari ini telah dilaksanakan pertemuan antara Griya Sampurna dengan perwakilan warga dari tiga desa yang difasilitasi oleh pemerintah desa Sukadana dengan kecamatan Cimanggung,” jelasnya.

Menurut Cahya, terdapat beberapa tuntutan yang disuarakan warga seperti, segera dibangun Tembok Penahan Tanah (TPT) disekitar area perumahan yang berbatasan dengan pemukiman warga, dilakukan penghijauan, normalisasi drainase dan yang lainnya.

“Tuntutan warga ini, tentu akan segera direalisasikan oleh pihak pengembang. Namun, langkah awal akan dilaksanakan penghijauan disekitar perumahan selanjutnya membangun TPT, drainase dan seterusnya,” terang Cahya.

Intinya, terang Cahya, warga sekitar perumahan sangat khawatir terjadi longsor. Mengingat, beberapa waktu lalu telah terjadi longsor di area perumahan yang berdekatan dengan Griya Sampurna. Bahkan, menimbulkan korban meninggal dunia sebanyak 40 orang.

“Olehsebab itu, Griya Sampurna yang berada di kawasan perbukitan menilai wajar jika warga menginginkan keamanan, ketentraman dan kenyamanan. Terlebih dalam upaya mengantisipasi bencana alam,” katanya.

Kendati demikian, terang Cahya, mengingat ditengah situasi pandemi Covid-19 seperti sekarang sejumlah tuntutan warga tersebut belum bisa direalisasikan.

“Mudah mudahan awal Februari 2021 dapat dikerjakan, mulai dari penghijauan hingga pengerjaan drainase disekitar perumahan. Bahkan, warga disekitar perumahan dapat merasa aman dan nyaman. Apalagi sampai tidak terjadi bencana longsor kembali,” tandasnya.

Sementara itu, Sekretaris Camat (Sekcam) Cimanggung, Ahmad Aradea mendorong agar pihak Griya Sampurna segera merealisasikan keinginan warga disekitar perumahan.

“Pertemuan musyawarah antara pengembang Griya Sampurna dengan warga sekitar perumahan sejatinya dapat menghasilkan solusi yang baik. Adanya sejumlah tuntutan warga ini dinilai wajar demi mengantisipasi hal hal yang tidak diinginkan kedepannya. Apalagi beberapa waktu lalu, tidak jauh dari perumahan Griya Sampurna telah terjadi longsor yang menyisakan banyak korban meninggal dunia,” terangnya.

Olehsebab itu, sambung Aradea, hal tersebut harus di antisipasi sedini mungkin.

“Kami apresiasi positif, pihak Griya Sampurna akan menindaklanjuti tuntutan warga secepat mungkin. Terlebih, kami berharap bencana serupa atau longsor tidak terjadi kembali di wilayah Cimanggung,” tukas Aradea. (Abas)

Categories: Regional