“Wow “Sumedang Raih Terbaik ke-4 Pada Ajang JDIHN Awards Tahun 2021 – El Jabar

“Wow “Sumedang Raih Terbaik ke-4 Pada Ajang JDIHN Awards Tahun 2021

Sumedang, eljanar. Com — Pemerintah Kabupaten Sumedang meraih terbaik ke-4 pada ajang Jaringan Dokumentasi Informasi Hukum Nasional (JDIHN) Awards tahun 2021 untuk Kategori Kabupaten.

Penghargaan berupa piagam penghargaan dan piala tersebut diserahkan Menteri Hukum dan dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) RI Yasonna Hamonangan Laoly kepada Wakil Bupati Sumedang H Erwan Setiawan di Hotel Grand Mercue Harmoni Jakarta, Kamis (2/12).

Selain juara ke-2, Kabupaten Sumedang juga meraih Terbaik Ke-2 untuk Kategori Kategori Sekretariat DPRD.

Kabupaten Sumedang dinilai berhasil mengelola sistem JDIH dengan kinerja terbaik serta mampu memberikan pelayanan dokumen dan informasi hukum kepada masyarakat dengan maksimal.

“Sumedang dalam pengelolaan dokumen dan informasi hukumnya dinilai sudah sesuai standar sebagaimana diatur dalam Permenkumham Nomor 8 tahun 2019,” kata Kepala Bagian Hukum Setda Kabupaten Sumedang Dodi Yohandi yang hadir mendampingi Wakil Bupati.

Standar yang dimaksud, lanjut Dodi, meliputi standar pembuatan abstrak peraturan perundang-undangan, standar pengolahan dokumen dan informasi hukum berupa website JDIH dan metadata, serta standar laporan evaluasi pengelolaan JDIH.

Dikatakan Dodi, dokumentasi dan informasi hukum yang tertata dan terselenggara dengan baik merupakan bagian yang tidak terpisahkan dalam penyelenggaraan tata pemerintahan yang baik, bersih dan bertanggung jawab.

“Keberadaan JDIH menjadi sangat penting dalam mengelola dokumentasi dan informasi hukum yang lengkap, akurat, mudah dan cepat untuk memenuhi tuntutan masyarakat atas dokumen dan informasi hukum yang dibutuhkan,” katanya.

Wakil Bupati Erwan Setiawan bersyukur bahwa Kabupaten Sumedang kembali meraih yang terbaik nasional pada JDIHN Award yang digelar oleh Kemenkumham RI dan BPHN (Badan Pembinaan Hukum Nasional).

“Alhamdulillah ini adalah penghargaan terbaik yang kedua kali diperoleh setelah di tahun lalu kita berada di peringkat ke-7. Tahun ini kita Nerada di peringkat ke-4 terbaik diantara kabupaten se-Indonesia,” ujarnya.

Wabup mengucapkan terima kasih kepada seluruh stakeholders yang telah mendukung pelaksanaan JDIH sehingga Kabupaten SUmedang terus memperlihatkan peningkatan.

“Terima kasih kepada Bagian Hukum Setda, Sekretariat DPRD, Diskominfosanditik dan pihak lainnya yang terus mempublikasikan (JDIH) sehingga Kabupaten Sumedang mendapatkan penghargaan terbaik,” ucapnya.

Categories: Pemerintahan