17.275 Warga Sumenep Kehilangan Pekerjaan Selama Pandemi Covid-19 - El Jabar

17.275 Warga Sumenep Kehilangan Pekerjaan Selama Pandemi Covid-19

SUMENEP, eljabar.com — Selama masa pandemi covid-19 melanda dunia tak terkecuali Kabapaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, yang berdampak buruk di berbagai sektor, baik pendidikan, sosial, dan ekonomi.

Akibatnya, selama tahun 2020 sebanyak 17.275 orang warga Sumenep resmi dinyatakan menyandang status sebagai pengangguran.

Hal itu disebabkan akses untuk mendapat pekerjaan di masa pandemi sangat sulit. Bahkan sejumlah perusahaan yang berada di kabupaten ujung timur Madura ini banyak yang melakukan PHK.

Hal itu disampaikan Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Sumenep, M. Syahrial. Menurut data yang dikantonginya, ribuan warga sumenep telah kehilangan pekerjaan selama pandemi covid-19 mewabah.

“Terdapat 17.275 orang. Jumlah tersebut cukup tinggi sebab banyak pekerja yang terkena PHK,” ungkapnya Syahrial, Jumat (22/01/2021).

Menurutnya, angka pengangguran yang berada di kota keris ini diperkirakan akan terus bertambah jika masa pendemi ini tidak segera berakhir. Bahkan, imbuh Syahrial, banyak pencari kerja yang mendatangi Disnaker Kabupaten Sumenep untuk mencari informasi peluang kerja.

Diakui Syahrial, untuk menekan tingginya angka pengangguran tersebut harus melibatkan stake holder terkait. Namun hal itu memiliki tantangan yang tidak mudah.

“Virus Corona ini sebenarnya sangat berdampak pada pekerja, jika pada tahun-tahun sebelumnya kami bisa melaksanakan Job Fair, sejak tahun 2020 lalu kami sudah tidak bisa melaksanakan,” katanya.

Saat ini, masih kata Syahrial, pihaknya masih disibukkan dengan penyelesaian perselisihan antara karyawan dan perusahaan setelah perusahaan tempat mereka bekerja melakukan restrukturisasi dan efisiensi. Salah satunya dengan mengurangi jumlah pekerja.

“Hingga kini perselisihan itu masih ada, bahkan ada yang sampai ditangani oleh Disnaker Pemprov Jatim, karena perselisihannya belum kunjung selesai,” tutupnya. (ury)

Categories: Nasional