48 Ekor Domba Di serahkan Bupati Kepada Warga Darmaraja – El Jabar

48 Ekor Domba Di serahkan Bupati Kepada Warga Darmaraja

Sumedang,eljabar.com — Sebanyak 48 ekor domba diserahkan secara simbolis oleh Bupati Sumedang H Dony Ahmad Munir kepada perwakilan masyarakat  Kecamatan Darmaraja sebagai bantuan sosial produktif.

Bantuan tersebut diserahkan bersama dengan bantuan lainnya dalam kegiatan Penyerahan Dana Sosial Produktif Badan Usaha Milik Desa Bersama “Sembada Darmaraja” Kecamatan Darmaraja Kabupaten Sumedang Tahun 2021di Pendopo Kecamatan Darmaraja, Sabtu (2/10).

Tampak hadir dalam acara tersebut, Ketua TP PKK Kabupaten Sumedang Hj Susi Gantini, Kepala DPMD Kabupaten Sumedang Endah Kusyaman, Camat Darmaraja Agus Sujatmiko dan Forkopimcam, Direktur Bumdesa Bersama Sembada Darmaraja Asep Suhaya beserta jajaran dan para Kades se-Kecamatan Darmaraja.

Direktur Bumdesa Bersama Sembada Darmaraja Asep Suhaya dalam laporannya mengatakan, alokasi dana sosial yang disalurkan pada Tahun 2021 seluruhnya mencapai Rp. 199,5 juta yang bersumber dari surplus Tahun Buku 2020.

“Dana tersebut disalurkan dari Januari sampai saat ini kepada  23 yatim piatu, 265 orang rumah tanga miskin, jompo, dan disabilitas, 18 orang guru ngaji dan MDA, 24 orang bantuan darurat kebencanaan 24 orang, 4 orang bantuan kesehatan berupa pengobatan rumah tangga miskin, 2 orang terlantar, Bansos produktif dalam bentuk domba 48 ekor untuk 48 orang. Jadi total keseluruhan penerima 396 orang,” ucapnya.

Sementara itu, Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir dalam sambutannya mengapresiasi Bumdesma Darmaraja yang sebelumnya bernama PPK, kemudian UPK, lalu UPDB dan terakhir menjadi Bumdesma yang sekarang tetap eksis.

“Bumdesma menjadi wahana yang menggerakkan ekonomi di Darmaraja dengan memberikan modal ke masyarakat untuk usaha kecil sehingga dapat menciptakan lapangan pekerjaan dan bisa memajukan ekonomi warga masyarakat di Darmaraja,” ucapnya.

Lebih dari itu, hadirnya Bumdesma di Darmaraja memberikan kemanfaatan kepada masyarakat berupa bantuan sosial dari keuntungan pengelolaan Bumdesma.

“Ke depannya mudah-mudahan tambah maju. Saya pesan Bumdesma mejadi lembaga keuangan yang lebih handal, meningkat asetnya dan keuntungannya, juga meningkat memberikan kreditnya,” katanya

Ia berharap, hadirnya Bumdesma dapat mencegah hadirnya “Bank Emok” di masyarakat.

“Hadirnya Bumdesma memberikan solusi di tengah-tengah masyarakat yang tidak mempunyai modal. Bisa meminjam modal dan bunganya kecil dan bersaing dengan bank emok,” harapnya

Agar Bumdesma terus maju, Bupati berpesan agar penguatan lembaga dan  kapasitas pengurusnya ditingkatkan sehingga mempunyai pembeda dengan Bumdesma lainnya.

“Ada sentuhan teknologi informasi. Ada competitive advantage, keunggulan bersaing antara Bumdesma Daramaraja dengan Bumdesma lainnya,” ucapnya.

Dengan meningkatnya aset Bumdesma, lanjut Bupati, keuntungannya pun meningkat sehingga penerima manfaat bertambah banyak.

“Ketika Bumdesma maju dan kekayaan asetnya meningkat, maka banyak pula masyarakat yang dibantu melalui dana sosial Bumdesma,” pungkasnya.

Categories: Regional