Bupati Saluran “Bumdesma” di Kecamatan Jatinunggal – El Jabar

Bupati Saluran “Bumdesma” di Kecamatan Jatinunggal

Sumedang,eljabar.com — Setelah menyerahkan bantuan di Kecamatan Darmaraja, Bupati pun menyerahkan bantuan serupa di Kecamatan Jatinunggal, Sabtu (2/10).

Penyaluran Dana Sosial Surplus Badan Usaha Milik Desa Bersama (Bumdesma) “Manunggal” Kecamatan Jatinunggal tersebut berlangsung di halaman Kantor Bumdesma Jatinunggal, Jalan Raya Wado-Krisik

Direktur Bumdesma “Manunggal” Sridiyanto Wijaya dalam laporannya mengatakan, kegiatan tersebut merupakan agenda tahunan Bumdesma.

“Pada tahun ini ada penurunan. Biasanya kami membagikan domba sekitar 40 sampai 50 ekor. Tahun ini hanya 20 ekor. Kami juga menyisihkan bantuan sosial untuk kelompok yang melakukan Isoman di beberapa desa,” ucapnya .

Dikatakan, dana bergulir yang dikelola Bumdesma diberikan kepada pelaku UMKM sekaligus diberikan pembinaan.

“Kami juga membina teman-teman UMKM. Produknya bisa dilihat di samping Pak Bupati. Jadi dana bergulir ini diserahkan kepada ibu-ibu UMKM yang memiliki nilai jual seperti oleh-oleh,” ucapnya.

Sementara itu, Bupati Sumedang H Dony Ahmad Munir dalam sambutannya berharap Bumdesma Jatinunggal semakin maju dan pendapatannya meningkat dengan meningkatkan plafon pinjaman kepada masyarakat sehingga kalau maju, surplusnya dikembalikan kepada masyarakat.

“Surplusnya dikembalikan lagi kepada masyarakat. Termasuk hari ini diberikan bantuan domba dan sebelumnya bantuan lainnya. Jadi meminjam ke Bumdesma itu keutungannya dikembalikan lagi kepada masyarakat,” ucapnya.

Menurutnya, harus ada komitmen yang kuat dari Bumdesma dalam meningkatkan lembaga agar aset dan keuntungan Bumdesma turut meningkat.

“Saya yakin bahwa di diri Direktur ada keinginan kuat untuk meningkatkan Bumdesma. Caranya harus ada penguatan di Bumdesma ini. Buatkan sistem yang bagus,” katanya.

Begitu juga dalam kapasitas SDM-nya harus turut pula ditingkatkan agar mampu memberikan pelayanan yang cepat dengan ditunjang sistem teknologi informasi.

“Kemampuan dan wawasannya diperluas harus banyak mengikuti Diklat. Jadi begitu masyarakat datang langsung dilayani dengan cepat. Termasuk dalam pengembaliannya. Insyaallah ada bantuan dari Pemda untuk peningkatan kapasitas Bumdesma,” ucap Bupati.

Ia juga meminta kepada Direktur Bumdesma agar mendata masyarakat yang mengajukan pinjaman by name by address dan by product by usaha.

“Didata apabila ada masyarakat yang meminjam, untuk apa saja permodalannya. Diklasifikasikan mana yang berhasil mana yang tidak,” tuturnya.

Dengan demikian, akan terhitung berapa orang yang terbantu dengan Bumdesma dan berapa lapangan pekerjaan yang tercipta.

“Dianalisis apa kekurangan dan kelebihannya. Apabila ada yang berhasil, jadikan contoh dan motivasi bagi anggota yang lainnya,” pintanya.

Ia juga berpesan kepada yang mendapatkan bantuan agar memelihara dombanya dengan baik sehingga dapat meningkatkan ekonomi keluarga.

“Mudah-mudahan berkembang biak banyak. Ini amanah dari Bumdesma. Meskipun sifatnya bantuan, tetapi harus produktif dan meningkat,” pungkasnya.

Tampak hadir dalam acara tersebut, Ketua TP PKK Kabupaten Sumedang Hj Susi Gantini, Kepala DPMD Kabupaten Sumedang Endah Kusyaman, Camat Jatinungga Agus Beni Triadie dan Forkofimcam Jatinunggal.

Categories: Regional