89 Kepala Desa Hasil Pilkades Serentak Mengikuti Kegiatan Peningkatan Kapasitas Kepala Desa Masa Jabatan 2021-2027 – El Jabar

89 Kepala Desa Hasil Pilkades Serentak Mengikuti Kegiatan Peningkatan Kapasitas Kepala Desa Masa Jabatan 2021-2027

Sumedang, eljabar. Com — Setelah dilantik oleh Bupati Sumedang pada 5 November 2021, sebanyak 89 Kepala Desa hasil Pilkades Serentak pada tanggal 27 Oktober 2021 mengikuti kegiatan Peningkatan Kapasitas Kepala Desa Masa Jabatan 2021-2027 selama sehari, Rabu (24/11).

Kegiatan yang dilaksanakan di Hotel Kencana Jaya Sumedang tersebut dibuka oleh Bupati Sumedang H. Dony Ahmad Munir.

Kepala Dinas PMD Endah Kusyaman selaku Ketua Panitia penyelenggara menyebutkan, sesuai dengan Pasal 6 Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 82 Tahun 2015 bahwa Kepala Desa yang terpilih wajib mengikuti pelatihan awal masa jabatan yang dilaksanakan oleh Pemerintah Daerah.

“Sehubungan aturan tersebut, maka kami melaksanakan kegiatan Diklat Teknis Desa Masa Jabatan Tahun 2021-2027,” imbuhnya.

Dijelaskan Endah, Diklat Teknis dimaksudkan untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman kepada para kepala desa mengenai penyelenggaraan Pemerintahan Desa.

“Materi Diklat antara lain ‘Tugas, Wewenang, Hak, Kewajiban dan Larangan Kepala Desa dalam Perspektif UU Desa’ disampakan oleh Wakil Bupati, ‘SAKIP Desa’ oleh Sekretaris Daerah, ‘Perencanaan Pembangunan Desa’ oleh Kepala Bappppeda, ‘Pengelolaan Keuangan Desa’ oleh Kepala BPKA, dan ‘Literasi Digital Desa’ oleh Kepala Diskominfosanditik,” ujarnya.

Sementara itu, Bupati Sumedang Dony mengatakan, Diklat Teknis dilaksanakan  sebagai pembekalan bagi para Kepala Desa yang baru agar dalam menjalankan tugasnya  dengan baik.

“Saya sangat mengapresiasi kegiatan ini dan mudah mudahan setelah mengikuti Diklat ini, para kepala desa mampu menjalankan tugasnya yang nantinya bermuara pada kesejahteraan masyarakat,” tutur Bupati.

Bupati meminta para kepala desa agar terus berinovasi dan meningkatkan kapasitasnya dengan tujuan mengurangi jumlah keluarga miskin, menanggulangi stunting dan meningkatkan kepuasan masyarakat dalam menerima pelayanan publik di desanya masing-masing.

“Khusus dalam menangani Covid-19, para kepala desa harus menjadi ‘alat’ untuk percepatan vaksinasi di Kabupaten Sumedang dengan senantiasa terus mematuhi Protokol Kesehatan,” ujarnya.(abas)

Categories: Regional