Acep: Menciptakan Organisasi yang Besar itu Butuh Tiga Cara - El Jabar

Acep: Menciptakan Organisasi yang Besar itu Butuh Tiga Cara

SUMEDANG, eljabar.com — Ketua Pimpinan Cabang Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kabupaten Sumedang, Acep Komarudin Hidayah, mengatakan bahwa untuk menciptakan sebuah organisasi yang besar itu dibutuhkan tiga cara atau tiga langkah. Hal itu disampaikan dalam sambutan pembukaan kegiatan pelatihan kontributor media ansor di Aula PCNU Sumedang, Rabu (07/10/2020)

Cara yang pertama, yaitu “kudu katingali ayana” (baca : harus terlihat keberadaannya). Karena GP Ansor merupakan organisasi yang besar maka bagaimana caranya GP Ansor itu eksistensinya bisa terlihat, kegiatannya bisa terlihat, dan kiprah-kiprahnya bisa terlihat. Tidak hanya terlihat di dunia nyata, tapi harus terlihat juga di dunia maya, lanjut Acep.

Cara yang kedua, syarat organisasi yang besar itu “kudu kadenge sorana” (baca : harus terdengar suaranya). Kebijakan, kegiatan, atau langkah yang dilakukan oleh GP Ansor Sumedang harus bisa terdengar oleh masyarakat luas. Dalam organisasi, riya itu penting. Mengunggah foto-foto kegiatan organisasi di media, itu merupakan suatu kewajiban.

Cara yang ketiga yaitu “kudu karasa manfaatna” (baca : harus terasa manfaatnya). Sebaik-baiknya organisasi yaitu keberadaannya bisa bermanfaat bagi orang lain. Tidak hanya bermanfaat untuk golongannya, tapi bermanfaat untuk masyarakat luas.

Salah satu caranya supaya kegiatan GP Ansor bisa terlihat, terdengar, dan bisa bermanfaat untuk orang lain yaitu dengan memaksimalkan teknologi informasi dan komunikasi (TIK). TIK itu menghilangkan sekat-sekat batas dan waktu. Hal yang disampikan sekarang di dunia maya, bisa langsung sampai ke seluruh pelosok dunia di waktu itu juga.

Ketika di GP Ansor Sumedang punya nilai, punya pesan, punya sistem, dan hal itu semua ingin segara tersampaikn kepada publik, maka harus ada media atau alat penyampainya. Media yang efektif saat ini ya media online dan media sosial. (Abas)

Categories: Regional