bank bjb Dukung Pemberdayaan Petani di Kabupaten Bandung Barat - El Jabar

bank bjb Dukung Pemberdayaan Petani di Kabupaten Bandung Barat

BANDUNG BARAT, eljabar.com — bank bjb memberikan dukungan terhadap langkah pemberdayaan petani di Kabupaten Bandung Barat (KBB), Provinsi Jawa Barat. Dukungan tersebut salah satunya ditunjukkan melalui keterlibatan bank bjb dalam program pemberdayaan buruh tani yang terkena dampak pandemi COVID-19 oleh pemerintah daerah.

Program pemberdayaan petani ini terlaksana berkat kerja sama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bandung Barat bersama Komando Distrik Militer (Kodim) 0609/Cimahi di mana bank bjb yang telah menjadi mitra setia pemerintah ikut memberikan dukungan penuh.

Secara simbolis, program ini dimulai dengan penanaman benih tanaman jagung manis, edamame, dan tanaman lainnya di lahan milik Pemkab Bandung Barat secara serentak oleh para petani di Desa Cilame, Kecamatan Ngamprah, Rabu (30/9/2020).

Penanaman benih ini turut dihadiri oleh Bupati Bandung Barat Aa Umbara, Kepala Staf Kodam III/Siliwangi Brigjen TNI Kunto Arif Wibowo, Aster Kasdam III/Siliwangi Kolonel Arh GTH Hasto Respatyo, Dandim 0609/Cimahi Letkol Kav. Tody Wahyudi, Kadis Pertanian dan Ketahanan Pangan KBB Heru Budi Purnomo, Pemimpin Kantor Cabang (KC) bank bjb Padalarang Betty Rahmawati, Kapolres Cimahi AKBP Mochammad Yoris Maulana Yusuf Marzuki, dan ajaran Kodim 0609/Cimahi.

Pemimpin Divisi Corporate Secretary bank bjb Widi Hartoto mengatakan dukungan ini merupakan bentuk kepedulian sosial perseroan kepada para petani yang menjadi salah satu kelompok rentan terdampak akibat krisis yang dipicu pandemi COVID-19. bank bjb sebagai mitra setia pemerintah daerah berkepentingan untuk mendorong kelancaran program-program peningkatan kesejahteraan masyarakat, tak terkecuali para petani.

“Petani merupakan pahlawan tanpa tanda jasa yang menopang kehidupan ratusan juta masyarakat Indonesia. Karena kerja keras dan kucuran keringat mereka lah kita hari ini masih sanggup terus berdiri dan terus berupaya menanggulangi dan memulihkan diri dari krisis akibat dampak pandemi COVID-19. Karena itu, bank bjb memberikan dukungan penuh kepada para petani di Indonesia agar dapat terus bekerja dan berkarya demi berbakti kepada negeri,” kata Widi.

Dorongan yang diberikan bank bjb juga dihadirkan dalam bentuk pembukaan jalinan kemitraan seluas-luasnya bagi para petani yang membutuhkan bantuan pendanaan untuk memperlancar dan meningkatkan skala usaha mereka. Para petani dapat memperoleh permodalan dalam bentuk pembiayaan Kredit Usaha Rakyat (KUR) bank bjb yang telah menjadi andalan petani.

Upaya memberikan dukungan keuangan ini selaras dengan langkah bank bjb dalam membantu pemerintah untuk mengakselerasi program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) yang dikemas oleh bank bjb dalam program bjb PENtas (Penguatan Ekonomi Nasional, Tangguh dan Sejahtera) yang merupakan inisiasi Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil salah satunya adalah melalui dukungan pembiayaan kepada segmen UMKM dan sektor produktif padat karya. Diharapkan kehadiran bank bjb dapat dimanfaatkan seluas-luasnya oleh para petani agar tujuan mereka memperoleh keuntungan optimal dalam berusaha dapat terasa lebih mudah. ***

Categories: Ekonomi,Regional