Baznas Sumedang Kerjasama Dengan Kodim 0610 Rehab Rumah Ibu Tasih – El Jabar

Baznas Sumedang Kerjasama Dengan Kodim 0610 Rehab Rumah Ibu Tasih

TANJUNGSARI,eljabar.com —  Setelah puluhan tahun rusak, rumah ibu Tasih (60) warga Dusun Situlampa RT 03 RW 16 Desa Margajaya Kecamatan Tanjungsari akhirnya direhab program Bantuan rutilahu Baznas Sumedang kerjasama dengan Kodim 0610 Sumedang, Jumat (17/9). Selain Baznas, tokoh masyarakat Sumedang, H. Umuh Muchtar juga turut membantu perehaban rumah tersebut.

Danramil Tanjungsari, Kapten INF Agus Hermawan didampingi Camat Tanjungsari Dra Ida Farida dan Kapolsek Tanjungsari, Kompol Ahmad Nurzaman SH Msi, mengatakan bantuan rehab Rutilahu ini program Bakti Sosial Kerjasama Baznas Sumedang dan Kodim 0610 Sumedang dalam rangka HUT TNI ke 76 tahun 2021 di wilayah Kodim Sumedang.

Menurut Danramil, bakti sosial ini tidak hanya di Margajaya Kecamatan Tanjungsari melainkan di 15 wilayah di Sumedang. Dalam hal ini, koramil Tanjungsari bertanggung jawab dalam hal pengerjaan sampai tuntas dan pengawasannya.

Dipilihnya rumah ibu Tasih, karena kondisi terakhir rumah ibu Tarsih adalah rumah panggung ukuran 5×7 meter, Atap bambu anyam kondisi rusak. Kemudian dinding dari bambu anyam kondisi rusak, Lantai bambu anyam kondisi rusak, dan Kamar 3 ruang dalam kondisi rusak.

“Kemudian Dapur rusak, Atap rusak. Selanjutnya informasi dari pemilik rumah bahan bangunan yang sudah ada hanya reng bambu,” ujarnya.

Danramil menambahkan, anggaran bantuan dari Baznas dan Kodim ini untuk satu unit rutilahu sebesar Rp 10 juta. Sementara, pembangunan direncanakan menghabiskan anggaran sebesar Rp43 jutaan. Sisanya, swadaya masyarakat dan dari pihak donatur.

Tokoh Jawa baratTanjungsari, H. Umuh Muchtar mengatakan pihaknya sangat mengapresiasi sekali program bantuan rutilahu kerjasama Baznas dan Kodim Sumedang ini. Hanya saja, kata Umuh, bantuan harus disesuaikan dengan anggaran. Jangan sampai anggaran rehab rumah menelan angka puluhan juta sementara bantuannya hanya Rp10 juta.

Namun, meski demikian, WHU mengacungi jempol kepada TNI yang selalu berkoordinasi dengan rakyat. Termasuk ucapan terimakasih kepada TNI Polri, Camat, dan stake holder Pemkab Sumedang.

“Insya allah kami akan bantu kekurangannya. Mudah mudahan ini bermanfaat dan warga yang penghuninya sehat walafiat. Dan ini harus selesai pembangunannya karena ini tempat tinggal. Makanya, gimana pun caranya harus selesai,” ujarnya.

Ayahanda Wabup Sumedang ini menambahkan sangat senang sekali ada bantuan bantuan seperti ini yang sifatnya membantu warga tidak mampu. Terutama warga yang membutuhkan dan untuk kelangsungan hidupnya.

Categories: TNI / POLRI