Belum Genap 2 Tahun, Jalan Produksi Tambak di Kabupaten Sidoarjo Telah Hancur – El Jabar

Belum Genap 2 Tahun, Jalan Produksi Tambak di Kabupaten Sidoarjo Telah Hancur

SIDOARJO, eljabar.com – Konstruksi jalan produksi tambak Bangoan-Berasan di Desa Kedungpeluk, Kecamatan Candi, Kabupaten Sidoarjo, kini kondisinya memperihatinkan.

Permukaan jalan produksi tambak yang dibangun pada 2019 lalu itu, mengelupas dan memperlihatkan besi-besi tulangan cor.

Sinyalemen dari mutu dan kualitas konstruksi yang rendah itu juga telah mereduksi umur rencana layanan jalan produksi tersebut.

Sinyal kuat rendahnya mutu dan kualitas ini dikemukakan oleh Ketua Jaringan Masyarakat Madani, Mohamad Isnaeni, yang menyebutkan bahwa setiap perencanaan infrastruktur, terutama konstruksi, juga diperhitungkan soal umur layanan dan usia teknis.

“Kedua hal ini normatif, dalam tahapan-tahapan perencanaan pembangunan itu akan dikemukakan juga, sebagai acuan dasar untuk dapat alokasi anggaran, namun faktanya di lapangan dua hal itu tidak ada, karena kualitas konstruksi yang rendah,” kata Mohis, Sabtu (23/10/2021).

Secara garis besar, imbuh Mohis, maka leading sector yang paling bertanggungjawab adalah dinas teknis. Di titik ini, dinas teknis tersebut merespon dengan melihat fakta-fakta yang disodorkan oleh elemen-elemen masyarakat.

Kondisi serupa juga terlihat pada jalan produksi tambak di Brak Kedungpeluk lewat Toyo-Tambak Rungseng. Di ruas ini, di sejumlah spot lokasi, permukaan jalannya sudah mengelupas hingga tak nyaman dilintasi.

Lantas, sejauh apa peran dan fungsi aparatur pengawas internal pemerintah (APIP) dalam pengawasan terhadap pelaksanaan pembangunan, eljabar.com belum bisa menemui Kepala Inspektorat Kabupaten Sidoarjo.

Menurut keterangan, Inspektor Kabupaten Sidoarjo tengah mengikuti rapat dengan Bupati Sidoarjo.
Hingga berita ini ditayangkan, Dinas Perikanan Kabupaten Sidoarjo belum mengonfirmasi atas buruknya kualitas konstruksi jalan produksi tambak.

Begitu juga dengan adanya kemahalan harga atas HPS Pemasangan Lampu PJU dengan Tenaga Surya di ruas jalan produksi tambak Kecamatan Tanggulangin, Kecamatan Sidoarjo dan Kecamatan Candi tahun anggaran 2021. Hal ini juga belum dikonfirmasi maupun diklarifikasi. (luqman)

Categories: Nasional