Berani, Disdik Kab Bandung Lelang Jabatan Kepala Sekolah? – El Jabar

Berani, Disdik Kab Bandung Lelang Jabatan Kepala Sekolah?

KAB. BANDUNG, eljabar.com — Dikalangan guru sekolah dasar negeri (SDN) Kabupaten Bandung provinsi, aturan calon kepala sekolah (cakep) dengan syarat utama pendidikan S 1/D4 pangkat minimal III C pada saat dilantik usia 55 tahun 7 bulan karena ada On The job Learning (OJL) usia cakep saat seleksi 54 tahun, tidak asing lagi.

“Guna meminimalisir kecurangan pada pencalonan cakep, Kadisdik Kabupaten Bandung, DR. H. Juhana, M.MPd membuat terobosan rekrutmen cakep ditengah pandemi Covid-19 melalui lelang jabatan, antara lain tes uji kopetensi (ujikom) terbuka disertai panitia yang kredibel dan amanah. Sebab selama ini rekrutmen cakep dibawah terkesan diam-diam disinyalir tidak ada proses seleksi,” jelas seorang sumber ketika dimintai keterangan terkait hal diatas, Senin (16/08/2021).

Perlu diketahui, tegas sumber, sebagai manager SDN harus mampu menterjemahkan lima kopetensi, yakni kepribadian, manajerial, kewirausahaan, Supervisi serta sosial. Kelima kopetensi tersebut saling berkaitan dalam manajemen sekolah.

Jika cakep tidak memahami lima kopetensi dasar tersebut dan hanya mengandalkan deukeut, deuheus, duit (3D) serta berpikir jumlah siswa yang dipandang penerimaan dana bantuan oprasional sekolah (BOS), terlebih tidak becus meningkatkan mutu pendidikan jangan harap lulusanya bisa cerdas, yang rugi siapa?

“Tentunya orang tua siswa dan negara selaku pemberi dana BOS dari anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN) yang diperuntukan wajib belajar 9 tahun SD hingga SMP,” bebernya menegaskan. A56

Categories: Regional