Berdayakan Perempuan, Strategi Pemda Sumedang Turunkan Angka Kemiskinan – El Jabar

Berdayakan Perempuan, Strategi Pemda Sumedang Turunkan Angka Kemiskinan

Sumedang, eljabar. Com –Pemerintah Kabupaten Sumedang saat ini tengah berupaya menggenjot pengentasan kemiskinan di tahun 2022. Satu diantaranya, yaitu dengan strategi optimalisasi pemberdayakan peran perempuan.

Demikian hal itu disampaikan Sekda Sumedang Herman Suryatman saat di wawancara usai menghadiri acara Rapat Evaluasi Pembangunan dan Konsolidasi Organisasi, di Aula Tampomas, Senin, (3/1/2021).

“Peran permpuan itu luar biasa, kemarin kita sharing dengan salah satu ahli ternyata negara-negara yang yang signifikan memperbaiki tatanan kehidupannya dengan memberikan peran yang signifikan kepada perempuan,” ujarnya.

Sekda Herman menyampaikan, pemerintah kabupaten Sumedang tengah serius melaksanakan program Sekilah Perempuan Menggapai Impian dan Cita-Cita (Sekoper Cinta) yang digagas oleh Provinsi Jawa Barat.

Program ini, kata Sekda, akan dilaksanakan di 270 desa dan 7 kelurahan di Kabupaten Sumedang. Dimana setiap desa minimal 100 orang akan diberikan pelatihan agar mempunyai kemampuan secara mandiri dalam memperbaiki ekonominya.

“Kita akan latih agar mereka punya kemampuan menolong dirinya dengan memanfaatkan potensi yang ada sehingga pengeluarannya kita minimalkan, pendapatannya kita maksimalkan agar punya ekonomi yang baik,” ujar Sekda.

Lebih lanjut dikatakan sekda, selain pemberdayaan peran perempuan, strategi lain yang dilakukan adalah dengan mengembangkan kolaborasi pentahelik termasuk pengembangan i inovasi dengan penggunaan teknologi informasi.

“Kita kembangkan kolaborasi dengam berbagai pihak, dengan privat sektor, society, perguruan tinggi termasuk kita kembangkan inovasi melalui teknologi informasi,” pungkasnya.(abas)

Categories: Pemerintahan