Bupati “100 Program Kegiatan Sudah Dipersiapkan Untuk Tahun 2022” – El Jabar

Bupati “100 Program Kegiatan Sudah Dipersiapkan Untuk Tahun 2022”

Sumedang,eljabar.com — Bupati H Dony Ahmad Munir menyebutkan, setidaknya lebih dari 100 program kegiatan yang sudah dipersiapkan untuk Tahun 2022 dalam rangka mendorong pertumbuhan ekonomi dan meningkatkan IPM.

Hal itu disampaikan Bupati Sumedang H. Dony Ahmad Munir dalam paparannya pada kegiatan Evaluasi 2021 dan Resolusi 2022 yang dilaksanakan di Gedung Negara, Senin (10/1/2022).

“Kami sudah membagi beberapa program kegiatan untuk menurunkan angka kemiskinan, menurunkan angka pengangguran, meningkatkan laju pertumbuhan ekonomi dan meningkatkan IPM. Program-program tersebut sudah ada di beberapa SKPD. Sekitar 100  program fokus kita untuk menembak empat sasaran tadi,” ungkapnya.

Bupati juga menerangkan, atas dukungan semua pihak, di Tahun 2021 Pemkab Sumedang telah menjalankan tugas, fungsi, dan kewajibannya dengan aman dan lancar.

“Kami melakukan evaluasi target-target  kinerja Kabupaten Sumedang. Hasilnya antara lain IPM kita di Tahun 2021 naik, angka pengangguran turun, kesenjangan turun, dan pengangguran juga turun,” terangnya.

Namun Bupati mengungkapkan, untuk angka kemiskinan di Kabupaten Sumedang memang mengalami peningkatan, walaupun peningkatannya berada di lima terendah di Jawa Barat.

“Secara nasional di seluruh kabupaten/kota angka kemiskinan meningkat disebabkan Pandemi Covid-19. Hal ini memacu kami bekerja lebih keras lagi untuk menurunkan angka kemiskinan,” ucapnya.

Diterangkan Bupati, rata-rata capaian kinerja Pemkab Sumedang di Tahun 2021 di atas 90 persen. Untuk infrastuktur atau realisasi fisik capaiannya sudah 90 lebih dan penyerapan anggaran 80 persen.

“Jadi untuk capaian fisiknya 90 persen sedangkan anggarannya sudah 80 persen karena ada beberapa project yang lintas tahun dan bisa dilaksanakan di tahun 2022,” katanya.

Dengan ditetapkannya “Sumedang Melesat” di tahun 2022 diharapkan kekurangan yang terjadi di Tahun 2021 dapat dibenahi dan kesalahan yang sama tidak terulang lagi.

“Untuk menuju Sumedang Simpati tahun 2023, di Tahun 2022 sebagai jembatannya kami akan menerapkan ambidextry government. Artinya kami akan ‘survive’ dengan menangani Covid dan memulihkan ekonomi, juga ‘to win’ dengan melampaui target kinerja,” katanya.

Bupati mengatakan, Pemkab Sumedang terus bekerja keras untuk mencapai target kerjanya seperti IPM terus naik, angka kemiskinan turun, angka penganguran turun, pertumbuhan ekonomi naik dan indeks gini turun.

“Untuk memenangkan target kinerja dan mencapai ultimate goals, kami harus terus bekerja, harus terus bergerak. Prinsipnya seperti naik sepeda, harus terus bergerak agar tidak jatuh,” terangnya.

Namun demikian, lanjutnya, semua dilakukan harus berdasarkan pondasi pembangunan yakni agama, budaya, dan teknologi.

“Itu semua akan kami lakukan dengam pola kolaborasi, memadukan ABCGM dan diwarnai dengan inovasi sehingga Sumedang bisa Melesat di tahun 2022,” ujarnya.(abas)

Categories: Pemerintahan