Kadiskop UMKM dan Perindag Sumenep Tinjau Pelaku UMKM di Dua Lokasi – El Jabar

Kadiskop UMKM dan Perindag Sumenep Tinjau Pelaku UMKM di Dua Lokasi

SUMENEP, eljabar.com – Kepala Dinas Koperasi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah, Perindustrian dan Perdagangan (Diskop UMKM dan Perindag) Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, tinjau pelaku UMKM di dua lokasi, Senin (10/01/2022).
Dua lokasi tersebut bertempat di Jalan Dr Cipto, Desa Kolor, dan Desa Paberasan, Kecamatan Kota Sumenep.

Alhamdulillah produksinya luar biasa, kemasannya bagus, tinggal kita mensuport dari segi perizinan, dan bahkan sudah mau ada yang di ekspor ke luar negri, ke Dunai dan Turki,” kata Kadiskop UMKM dan Perindag Sumenep, Chainur Rasyid.

Menurut pria yang akrab disapa Inong tersebut, potensi UMKM yang berada di kota Kuda Terbang ini sangat luar biasa, tinggal bagaimana dari OPD terkait bisa memfasilitasi dan bisa men-support, baik dari pemasaran, pembiayaan dan peralatan.

“Nah, ini yang akan kita lakukan ke depan bersama OPD terkait, mudah mudahan kita tetap bisa berintegrasi bersama OPD yang membidangi untuk bisa membawa UMKM Sumenep itu bisa lebih maju,” tambahnya.

Inong mengaku telah memberi saran pada pelaku UMKM, supaya setiap kemasan produk UMKM yang ada, diberi foto destinasi wisata Sumenep dan juga di beri identitas Sumenep.

Supaya pembeli tahu jika produk tersebut merupakan home industri yang berasal dari kota sumenep,” tambahnya.

Pihaknya berharap, pada pemangku pimpinan dan seluruh OPD, jika melakukan rapat, seperti rapat dinas maupun rapat lainnya, harus menggunakan konsumsi produk UMKM asli Sumenep.

“Karena UMKM itu bisa berkembang dan bisa maju, harus di mulai dari kita sendiri, kalau tidak kita, kapan lagi dan siapa lagi untuk membuat produk UMKM bisa terjual keluar kota maksimal dan secara baik,” tegasnya.

Sementara untuk pemasarannya, Inong mengaku, sudah proses menjajakkan produk UMKM ke beberapa pasar modern seperti Indomart dan Alfamart. Pihaknya berharap pasar modern yang berada di wilayah sumenep harus ikut membantu dan menjadikan Produk UMKM menjadi salah satu produk yang di jual di pasar moderen tersebut.

“Ya tentunya produk yang sudah mengantongi izin, dan kemasannya emang menarik,” tutupnya. (ury)

Categories: Nasional