Bupati Berharap IPSI Hasilkan Pesilat yang Bisa Harumkan Sumedang - El Jabar

Bupati Berharap IPSI Hasilkan Pesilat yang Bisa Harumkan Sumedang

SUMEDANG, eljabar.com — Bupati Sumedang H Dony Ahmad Munir menerima silaturahmi jajaran Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Pengkab Sumedang di Gedung Negara Sumedang, Rabu (30/09/2020).

Bupati dalam sambutan penerimaannya mengucapkan selamat kepada IPSI Kabupaten Sumedang yang mempunyai pengurus yang baru meski belum dilantik secara resmi.

“Selamat kepada pengurus yang baru terpilih. Apa yang menjadi kekurangan pengurus kemarin diperbaiki ke depannya. Apa yang sudah bagus dipertahankan dan ditingkatkan,” ujarnya.

Bupati mengharapkan agar pengurus IPSI Sumedang bisa mengembangkan dan menghasilkan bibit-bibit unggul pesilat yang bisa mengharumkan nama baik Kabupaten Sumedang.

“Mudah-mudahan bisa semakin baik dalam menjalankan program-programnya. Bisa terus melestarikan seni budaya Silat, termasuk olahraga beladirinya,” ucapnya.

Terkait dengan rencana pelantikan jajaran pengurus IPSI Kabupaten Sumedang, bupati berpesan agar semuanya dilaksanakan sesuai dengan protokol kesehatan.

“Jumlah (peserta yang hadir) harus setengah dari kapasitas yang ada. Semuanya harus menerapkan protokol kesehatan dengan ketat,” terangnya.

Sesudah dilantik IPSI diharapkan segera melaksanakan program kerja yang sudah disahkan pada saat musyawarah sebelumnya diantaranya menetapkan target-target yang harus dicapai.

“Pertama targetnya ialah menjaga dan melestarikan seni bela diri asli Jawa Barat ini. Bagaimana caranya agar Silat tetap eksis, bertahan dan membudaya di Sumedang,” katanya.

Agar tetap eksis, lanjut bupati, diantaranya menjadikan Silat sebagai mata pelajaran muatan lokal (Mulok) di sekolah-sekolah.

“Pada pelaksanaannya nanti, Disparbudpora bekerja sama dengan Dinas Pendidikan menjadikan Silat sebagai muatan lokal di setiap sekolah. Perguruan-perguruan Silat yang ada dikumpulkan untuk dibina. Begitu juga dengan digelarnya event- event pertandingan, baik oleh IPSI maupun oleh perguruan-perguruan Silat,” terangnya

Ia mengungkapkan bahwa dalam menghadapi Porda Tahun 2020 IPSI diharapkan sudah bisa mempersiapkan diri dan memetakan mana yang berpotensi menghasilkan mendali emas.

“Digembleng dari sekarang. Fokus dan jelas targetnya berapa emas yang nanti akan dihasilkan dan tentunya akan mengharumkan nama Sumedang,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua terpilih IPSI Kabupaten Sumedang Usman Priatna berharap Pemerintah Daerah betul- betul perhatian terhadap olahraga Pencak Silat dan IPSI sebagai organisasi yang menaunginya.

“IPSI ini targetnya prestasi, juga seni tradisi. Oleh karena itu, perlu didukung oleh Pemerintah Daerah,” ucapnya.

Ia mengungkapkan, terkait pelantikan yang sebelumnya kemarin.

Ia menererangkan, IPSI akan melakukan pelantikan kepengurusan yang baru setelah sebelumnya melaksanakan Muskab pada tanggal 13 September 2020.

“Rencananya pelantikan akan dilaksanakan Tanggal 24 Oktober 2020 di Gedung Negara. Ada 43 pengurus yang akan dilantik nanti. Kita akan mengundang para Dewan Pendekar dan tamu undangan lainnya. Namun disesuaikan dengan Protokol Kesehatan,” ungkapnya. (Abas)

Categories: Olahraga