Bupati Berharap Muncul Banyak Wirausahawan Baru di Sumedang – El Jabar

Bupati Berharap Muncul Banyak Wirausahawan Baru di Sumedang

Sumedang,eljabar.com — Setelah mengikuti Pendidikan Kecakapan Wirausaha (PKW), Bupati Dony Ahmad Munir berharap muncul banyak wirausahawan baru di Sumedang.

Harapan itu disampaikan olehnya saat menutup Program PKW yang diselenggarakan oleh LPKMA bekerja sama dengan Dinas Pendidikan Kabupaten Sumedang, Selasa (28/9).

“PKW mendorong peserta didik dalam merintis berdirinya usaha baru dan mandiri dengan dibimbing oleh mitra usaha dan memanfaatkan ilmu dan sarana yang didapatkan selama pendidikan,” kata Bupati.

Dikatakan, Program PKW tersebut menjadikan masyarakat (peserta) mempunyai ilmu pengetahuan dan keterampilan serta kecakapan agar tumbuh jiwa wirausahanya.

“Setelah tertanam jiwa wirausahanya, lalu diberikan peralatan beserta bahannya sehingga bisa langsung mem-‘follow up’ hasil pelatihannya dengan membuat olahan-olahan hasil pelatihan,” ujarnya.

Menurut Bupati, kegiatan seperti PKW harus terus dikembangkan karena selain mendapatkan ilmu pengetahuan baru, juga bisa menciptakan lapangan pekerjaan.

“Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi masyarakat Sumedang. Anak-anak muda jadi mempunyai keahlian. Kemudian diberikan bantuan peralatan beserta bahan-bahan dan mitra pemasarannya, termasuk mitra permodalannya sehingga bisa mendirikan usaha baru dan menciptakan pekerjaan,” terangnya.

Rina Mardiana (23) salah seorang peserta Program PKW mengatakan, dirinya termotivasi mengikuti kegiatan tersebut karena ingin berwirausaha dan menjadi pengusaha sukses.

“Saya ingin berwirausaha dan menjadi pengusaha. Dengan ikut PKW ini, ilmu yang didapat akan sangat berguna untuk mewujudkannya,” ucapnya.

Rina menerangkan, selama tiga bulan menjalani pendidikan PKW banyak ilmu yang didapat antara lain membuat roti dan makanan lainnya.

“Setelah menyelesaikan pelatihan ini, saya akan membuka usaha kuliner diantaranya roti kopi, roti ubi, dan makanan lainnya,” tukasnya.

Categories: Regional