Bupati Dony Ahmad Munir Meminta Agar Semangat Gotong Royong Terus Dijaga – El Jabar

Bupati Dony Ahmad Munir Meminta Agar Semangat Gotong Royong Terus Dijaga

Sumedang, eljabar. Com — Bupati Dony Ahmad Munir meminta agar semangat gotong royong dan saling membantu antar sesama di masyarakat terus dipelihara.

Hal itu disampaikan olehnya saat meninjau pengerjaan perbaikan rumah tidak layak huni (Rutilahu) di Desa Pawenang Kecamatan Jatinunggal dan di Desa Mulyajaya Kecamatan Wado yang dikerjakan oleh warga setempat secara gotong royong, Selasa (12/10).

“Pertahankan gotong royong dan kerja sama. Kalau ada warga yang membikin rumah, didukung oleh semuanya dan saling membantu. Insyallah kalau saling bantu masalah yang berat bisa teratasi,” ucap Dony selepas peninjauan.

Ia pun mengatakan, bantuan untuk perbaikan Rutilahu merupakan bukti hadirnya pemerintah di tengah-tengah masyarakat dalam pemenuhan kebutuhan pokok, khususnya tempat tinggal yang layak.

“Ini merupakan suatu kecintaan dari pemerintah kepada masyarakatnya yang tempat tinggalnya tidak layak agar bisa diperbaiki¬† menjadi rumah yang sehat, nyaman, aman dihuni dan bisa meningkatkan kualitas hidup,” ucapnya.

Agar hasil dari bantuan tersebut benar-benar bermanfaat, Bupati berharap agar Kepala Desa setempat terus memonitor pembangunannya.

“Saya minta betul-betul dimonitor sehingga bangunannya bisa kuat dan tahan lama sehingga bermanfaat bagi yang mengisinya,” harapnya.

Sementara itu, Kepala Desa Mulyajaya Momo Nugraha dalam kesempatannya mengatakan, bantuan rehab Rutilahu dari Banprov untuk Desa Mulyajaya kuotanya relatif banyak yakni mencapai 40 unit.

“Sebenarnya banyak di masyarakat kami yang rumahnya tidak layak huni karena ekonominya di bawah atau tidak mampu.
Dari Total 130 sudah akan terealisasi 40 unit dari Bantuan Provinsi,” ucapnya .

Senada dengan yang disampaikan Bupati, ia pun berharap semangat gorong royong untuk mensejahterakan masyarakat di daerahnya tidak luntur dan tetap bertahan.

“Masyarakat di sini swadayanya kekompakannya, dan kegotongroyongannya masih tinggi. Kita berharap yang tadinya rumah panggung sekarang bisa permanen dengan bekal gotong royong,” ucapnya.

Kunjungan Bupati diawali meninjau perbaikan Rutilahu milik Toto (65) warga Dusun Sukahening Desa Pawenang Kecamatan Jatinunggal yang berprofesi petani. Lokasi kedua adalah rumah Ibu Mamah (65) dan Ade Wasina (52) warga Dusun Cimalela Desa Mulyajaya Kecamatan Wado.

Dalam kunjungan tersebut Bupati didampingi unsur perwakilan Dinas Perkim Provinsi Jawa Barat, Dinas Perkimtan Kabupaten Sumedang serta unsur Forkopimcam Jatinunggal dan Wado.

Categories: Regional