Bupati Meletakkan Batu Pertama Pembangunan Drainase di Lingkungan Ragadiem – El Jabar

Bupati Meletakkan Batu Pertama Pembangunan Drainase di Lingkungan Ragadiem

Sumedang, eljabar. Com — Bupati mengajak warga untuk sigap menghadapi musim hujan diantaranya dengan membersihkan selokan dan saluran drainase dari sampah.

Ajakan itu ia sampaikan ketika menyapa warga di Lingkungan Nalegong, Palasari dan Ragadiem Kelurahan Kotakulon Kecamatan Sumedang Selatan, Jumat pagi (15/10).

Dalam kesempatan tersebut Bupati meletakkan batu pertama pembangunan drainase di RT 01 RW 02 Lingkungan Ragadiem bersumber dari Dana Kelurahan Tahun 2021.

“Saya mengajak untuk terus meningkatkan kegotongroyongan kita, terutama memasuki musim hujan dengan memperbaiki saluran dan gorong-gorong,” katanya di hadapan warga.

Ia mengapresiasi warga dan aparat Pemerintah Kelurahan Kotakulon yang ditemui sedang membersihkan saluran air dari sampah.

“Ada kegiatan dari Kelurahan Kotakulon bersih-bersih selokan sehingga sampah-sampah yang menyumbat di irigasi tadi bisa diangkut,” ucapnya.

Bupati mengimbau agar warga tidak membuang sampah sembarangan, terutama ke selokan.

“Saya mohon kepada warga masyarakat agar menjaga kebersihan lingkungannya masing-masing. Ambil sampah di saluran air agar tidak tersumbat dan tidak menyebabkan banjir,” tuturnya.

Terkait pembangunan drainase, Bupati meminta warga turut memeliharanya dengan baik agar air tersalurkan ke drainase, tidak ke jalan.

“Saya titip kalau sudah selesai pembangunannya, agar drainasenya dijaga supaya sampah tidak masuk. Kalau air tidak tersalurkan dengan baik, air akan masuk ke jalan dan jalan pun akan cepat rusak,” ujarnya.

Sementara itu, Lurah Kotakulon Kiki Hakiki mengatakan, kegiatan Jumsih hari itu diawali dengan pembersihan selokan di saluran irigasi Burujul mulai dari Curug Bebedahan sampai Curug Gending.

“Setelah sampah dan lumpur diangkut, alhamdulillah saluran air di irigasi Burujul menjadi lancar,” ucapnya.

Sesuai dengan harapan Bupati, ia dan warganya akan memelihara drainase yang sedang dibangun.

“Insyaallah kami akan melaksanakan amanat Bupati untuk memelihara drasinase jika selesai nanti. Tentunya akan menjadikan lingkungan menjadi bersih dan tertata dengan baik,” katanya.

Dalam kesempatan itu, Bupati menyerahkan bantuan Sembako kepada jompo tidak mampu di Lingkungan Nalegong dan Palasari serta bantuan stimulan rehab Rutilahu dari Baznas Kabupaten Sumedang kepada warga di Lingkungan Palasari.

Menurut Lurah Kiki, seluruh bantuan tersebut sebagai bukti bahwa pemerintah hadir di tengah-tengah masyarakat.

“Insyaallah kita akan bersama-sama masyarakat untuk menyukseskan perbaikan Rutilahu ini. Kelurahan Kotakulon mendapat kuota Rutilahu sebanyak 30 unit rumah,” katanya.(abas)

Categories: Regional