Bupati Sumedang Gerak PKK Benar-Benar Menjadi Program bersama – El Jabar

Bupati Sumedang Gerak PKK Benar-Benar Menjadi Program bersama

Sumedang,eljabar.com — Bupati Sumedang H Dony Ahmad Munir meminta agar Kesatuan Gerak PKK benar-benar menjadi program bersama yang sinergis dengan mengesampingkan egosektoral.

Hal itu disampaikan Bupati saat meresmikan Pencanangan dan Rapat Kordinasi Kesatuan Gerak PKK Pembangunan Keluarga Kependudukan dan Keluarga Berencana (Bangga Kencana) Kesehatan Kabupaten Sumedang Tahun 2021 di Aula Sekertariat PKK Kabupaten Sumedang, Selasa (28/9).

Kegiatan yang bertemakan “Melalui Kesatuan Gerak PKK Bangga Kencana-Kesehatan, Kita Wujudkan Keluarga Sehat Sejahtera Menuju Jawa Barat Juara” diikuti secara virtual oleh seluruh TP PKK dan Pokja Kecamatan se-Kabupaten Sumedang, Kepala Puskesmas, Kepala UPTD KB, PLKB, dan para Pendamping Posyandu juara tingkat kecamatan.

Adapun yang hadir langsung di tempat acara antara lain Ketua Tim penggerak PKK Kabupaten Sumedang Hj Susi Gantini beserta seluruh jajaran pengurus, Kepala DPPKB Ani Gestapiani dan Ketua Baznas Kabupaten Sumedang Ayi Subhan Hafas.

“Kegiatan ini sangat berharga untuk menyamakan visi, misi, persepsi, gerak dan langkah akan arti pentingnya menjalankan program-program PKK, KB dan Kesehatan secara sinergis, bersama-sama, dan tidak egosektoral,” katanya

Dikatakan, kegiatan tersebut diharapkan betul-betul bisa menghasilkan rumusan-rumusan dan kesepakatan bersama dari berbagai sektor untuk mencapai target yang telah ditetapkan.

“Kita bersama-sama menyusun langkah-langkah kegiatan untuk disepakati bersama dan ditindaklajuti dengan rencana aksinya. Tentunya harus ada monitoring dan evaluasi untuk mengendalikan target tersebut dari seluruh komponen yang ada,” ujarnya.

Ia menambahkan, kegiatan Kesatuan Gerak PKK hendaknya diawali dengan sosialisasi yang disampaikan kepada seluruh stakeholder yang ada secara utuh dan benar akan arti penting menjalankan program-program yang telah disepakati.

“Tujuanya mesosialisasikan pokok-pokok kegiatan dan pedoman prioritas program dari setiap sektor terkait kesatuan Gerak PKK- Bangga Kencana Kesehatan tingkat Kabupaten Sumedang,” ucapnya.

Oleh karena itu, lanjut Bupati, Kesrak PKK, Bangga Kencana Kesehatan harus betul-betul menyentuh kebutuhan dasar di masyarakat yaitu persoalan keluarga dan kesehatan.

“Jadi Kesrak Bangga Kencana Kesehatan ini berupa sebuah ikhtiar nyata untuk mengatasi persoalan yang mendasar di tengah-tengah masyarakat, khususnya di keluarga. Kita siapkan insan-insan yang sehat, cerdas dan kuat yang jadi harapan bangsa serta memiliki daya saing dan keunggulan,” katanya.

Ketua Panitia Wini Novianti Hilman dalam laporannya mengatakan, pencanangan dan Rakor dilaksanakan dalam rangka mempersiapkan TP PKK dan para pengelola program di semua jenjang dalam melaksanakan kegiatan Kesatuan Gerak PKK Bangga Kencana Kesehatan Kabupaten Sumedang Tahun 2021.

“Tujuannya adalah menyusun langkah-langkah kegiatan, menyepakati dan menindaklajuti kegiatan Kesatuan Gerak PKK Bangga Kencana Kesehatan secara berjenjang,” ucapnya.

Ia menerangkan, para peserta kegiatan di tingkat Kabupaten Sumedang meliputi unsur Tim Penggerak PKK Kabupaten, Dinas Kesehatan, Dinas PMD dan DPPKB.

“Sementara dari tingkat kecamatan masing-masing dihadiri 5 orang terdiri atas Camat, Ketua TP PKK Kecamatan, Ketua Pokja IV, UPTD Puskesmas, UPTD KB dan Pendamping Kader Posyandu,” terangnya.

Sementara itu, Ketua TP PKK Kabupaten Sumedang Hj. Susi Gantini dalam sambutannya mengatakan, Kesatuan Gerak PKK Bangga Kencana Kesehatan merupakan kegiatan rutin tahunan dan pelaksanaannya selalu termasuk yang terbaik.

“Alhamdulillah Kabupaten Sumedang selalu masuk jajaran pelaksana terbaik. Oleh sebab itu, saya sampaikan terima kasih dan apresiasi atas prestasi yang telah diraih oleh Desa Banjarsari Kecamatan Jatinunggal yang pada pelaksanaan Kesatuan Gerak tahun lalu mendapat prestasi sebagai Juara 2 Kategori LBS, Juara 3 Kategori PHBS dan Juara Harapan 1 Kategori Kesatuan Gerak PKK Tingkat Provinsi Jawa Barat” Ucapnya

Dikatakannya, prestasi tersebut berasal dari kerja bersama yang baik dan terkorodinasi semua pemangku kepentingan.

“Pencapaian prestasi yang dicapai ini sebagai bukti koordinasi yang baik antara PKK, OPD terkait, khususnya DPPKB serta Dinas Kesehatan dan Dinas PMD. Tidak lupa pihak Kecamatan dan Desa yang bekerja langsung dengan masyarakat,” katanya.

Terkait Kegiatan Dilaksanakan Pencanangan dan Rakor ini diharapkan juga mempersiapkan target-target dan kegiatan yang akan dilaksanakan serta target yang dijadikan tolak ukur tingkat Kabupaten.

Susi berharap adanya sinergitas antara Ketua TP PKK Kecamatan, Kepala Puskesmas dan UPTB KB agar kegiatan dapat dilaksanakan dalam satu kesatuan yang utuh.

“Saya minta agar para camat dan Ketua TP PKK Kecamatan bersemangat dalam menindaklanjuti kegiatan ini. Karena jika pusat koordinasi berjalan dengan baik, hasil kegiatan ini akan terlaksana dengan baik,” katanya.

Ia pun yakin dengan optimalisasi Kader Dasawisma melalui peningkatan kualitas dan kuantitas kader, akan mempermudah pencapaian program karena sampai pada tingkat terbawah yaitu keluarga.

“Saya berharap peningkatan fungsi kader sebagai pencatat, penyuluh dan penggerak dapat ditingkatkan lagi sehingga optimal di masyarakat,” terangnya.(abas)

Categories: Regional