Bupati Sumedang: Keluarga Sehat Sebagai Basis Utama Membangun Kabupaten Sehat - El Jabar

Bupati Sumedang: Keluarga Sehat Sebagai Basis Utama Membangun Kabupaten Sehat

SUMEDANG, eljabar.com — Basis utama dalam membangun Kabupaten Sehat yaitu keluarga yang sehat. Demikian disampaikan Bupati Sumedang H. Dony Ahmad Munir saat menghadiri Rapat Koordinasi Penyelenggaraan Kabupaten Sehat Tingkat Kabupaten SumedangTahun 2020 di  Hotel Hanjuang Hegar, Senin  (23/11/2020).

Rakor yang diinsiasi oleh Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappppeda) Kabupaten Sumedang tersebut diikuti 50 orang peserta yang terdiri dari perwakilan perangkat daerah, kecamatan dan Paguyuban Sumedang Sehat.

“Pendekatan utama  pelaksanaan program Indonesia Sehat yaitu keluarga. Sumedang bisa menjadi Kabupaten Sehat semuanya berawal dari keluarga yang sehat,” katanya.

Bupati mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah berperan  dan berpartisaipasi aktif dalam mewujudkan Kabupaten Sehat.

“Terima kasih atas sinergi dan menjadi bagian yang berkontribusi dalam mewujudkan Kabupaten Sehat. Saya harap  para peserta Rakor agar semangat dalam mengikuti rakor ini,” ungkap Bupati.

Bupati juga mengimbau kepada para peserta untuk menghadirkan jiwa dan fokus mengikuti Rakor.

“Dengan fokus tentunya kita akan menghasilkan output. Maka dari itu, lakukan bersama, samakan presepsi, gerak dan langkah untuk mengeksekusinya,” imbuhnya.

Bupati menyebutkan, salah satu cara untuk memperoleh output yaitu dengan memahami masalah terlebih dahulu. Masalahnya yaitu stunting, angka harapan hidup, dan perilaku hidup bersih dan sehat.

“Saya harap mindsetnya harus berangkat dari masalah sehingga output akan tercapai. Kalau kita memahami masalah, maka kita akan tahu apa yang akan kita lakukan dan kemana kita akan mencapai hasilnya,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala Bappppeda Tuti Ruswati mengatakan, Kabupaten Sehat adalah suatu kondisi kabupaten/kota yang bersih, nyaman, aman dan sehat untuk dipenuhi penduduk yang dicapai melalui terselenggaranya penerapan beberapa tatanan kegiatan yang disepakati masyarakat dan Pemerintah Daerah.

“Tujuan tercapainya Kabupaten Sehat yaitu suatu kondisi kabupaten/kota yang bersih, nyaman, aman dan sehat untuk dihuni dan tempat bekerja bagi warganya dengan cara melaksanakan program-program kesehatan sehingga dapat meningkatkan sarana dan produktifitas dan perekonomian masayarakat,” ujarnya.

Dikatakan Tuti lebih lanjut, Kabupaten Sumedang pada Tahun 2013 mendapat penghargaan sebagai Kabupaten Sehat untuk klasifikasi Swasti Saba Wiwerda.

“Selanjutnya pada tahun 2017, Kabupaten Sumedang terus menyelenggarakan Kabupaten Sehat mulai dari tingkat desa sampai dengan tingkat kabupaten. Oleh sebab itu, dalam rangka optimalisasi penyelenggaraan Kabupaten Sehat di Kabupaten Sumedang Tahun 2020 maka dilaksanakan Rakor Penyelenggaraan Kabupaten Sehat,” imbuhnya.

Tuti menambahkan, adapun tujuan dari kegiatan Rakor adalah untuk mengoptimakan peran para pihak dalam penyelenggaraan Kabupaten Sehat.

“Salain itu, tujuan Rakor adalah untuk membangun  komitmen bersama untuk mengikuti penilaian Kabupaten/Kota Sehat Tingkat nasional Tahun 2021,” pungkasnya. (Abas)

Categories: Pemerintahan