Dony-Erwan Pimpin Rakor Forkopimda Kabupaten Sumedang - El Jabar

Dony-Erwan Pimpin Rakor Forkopimda Kabupaten Sumedang

SUMEDANG, eljabar.com — Bupati Sumedang Dr. H. Dony Ahmad Munir didampingi Wakil Bupati H. Erwan Setiawan memimpin Rapat Koordinasi (Rakor) Forkopimda yang dilaksanakan di Gedung Negara, Senin (23/11/2020).

Rakor yang diprakarsai oleh Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) tersebut mengusung tema “Dengan Kerja Sama Ormas, FKUB, Guru Ngaji dan Marbot Konsisten Melaksanakan Prokes sebagai Pencegahan dan Upaya Memutus Mata Rantai Covid-19 di Kabupaten Sumedang”.

Kepala Kantor Kesbangpol Drs. H. Asep Tatang Sujana, M.Si dalam laporannya mengatakan, Rakor dilaksanakan sebagai bukti kehadiran pemerintah di tengah-tengah pandemi untuk menyelamatkan nyawa masyarakat Sumedang.

“Memang kegiatan ini tidak seberapa, tapi harapannya bisa menjadi stimulan agar seluruh masyarakat berkontribusi terhadap pemutusan mata rantai penyebaran Covid-19,” ucapnya.

Asep juga mengatakan wabah Virus Corona saat ini tidak hanya menjadi persoalan bangsa Indonesia, tetapi sudah menjadi persoalan global.

Menurutnya, dampak dari pandemi Corona telah merontokkan sendi-sendi kehidupan, baik di bidang ekonomi, sosial dan budaya.

“Upaya preventif dilakukan pemerintah untuk menangani Virus Corona yang bertujuan melindungi masyarakat dari risiko penularan, melalui PSBB larangan mudik, dan AKB secara masif sehingga masyarakat tahu apa yang harus dikerjakan, baik mengenai jaga jarak, memakai masker, mencuci tangan dan menghindari kerumunan,” paparnya.

Sementara itu, dalam sambutannya Bupati H Dony Ahmad Munir mengatakan, wabah Covid 19 masih belum berakhir. Untuk itu, pihaknya meminta kepada seluruh masyarakat Sumedang untuk tetap menjalankan protokol kesehatan secara efektif.

“Saat ini Vaksin Covid-19 masih berproses, maka “vaksin” yang ada saat ini adalah kedisiplinan kita menjalankan protokol kesehatan. Kami mohon kepada semua pihak untuk terus menjaga diri menjalankan protokol kesehatan dengan efektif,” ujarnya.

Menurut bupati, menjalankan protokol kesehatan merupakan perwujudan dari ibadah beragama.

“Semua yang hadir pada Rakor ini diharapkan menjadi bagian yang mengarahkan kepada masyarakat dengan menjadikan dirinya keteladanan menjalankan protokol kesehatan,” ungkapnya.

Bupati juga mengingatkan, dalam menghadapi Pandemi Covid-19 seperti perlu kelompakan dan solidaritas bersama.

“Seberat apapun masalah yang kita hadapi, jika kita kompak, maka akan bisa kita atasi. Untuk itu, mari kita perbesar saling menguatkan dan perkecil saling melemahkan,” tegasnya.

Terakhir bupati mengatakan, Rakor tersebut merupakan bagian dari ikhtiar untuk memutus mata rantai penyebaran Covid 19.

“Untuk itulah membutuhkan kehadiran kita semua untuk mengatasinya. Hari ini merupakan bagian dari ikhtiar kita untuk merefresh kembali bahwa Covid belum selesai. Mari kita atasi dengan koordinasi seperi saat ini dan kita semua menjadi bagian yang terus menyampaikannya kepada masyarakat,” tandasnya.

Hal senada dikatakan Wabup bahwa Covid-19 merupakan masalah bersama dan bukan hanya masalah perorangan.

“Pemerintah sangat mengharapkan peran serta dan parisipasi semua elemen masyarakat untuk terus menggalakan potokol kesehatan,” ucap Wabup.

Terakhir Wabup juga berharap Rakor tersebut dapat lebih mempererat persatuan dan kesatuan sehingga keutuhan NKRI terjaga dan umat semakin sehat. (Abas)

Categories: Pemerintahan