Bupati Sumedang Kultum dan Jadi Imam di Mesjid Polda Jabar

BANDUNG, eljabar.com — Bupati Sumedang H Dony Ahmad Munir menjadi imam Salat Zuhur sekaligus memberikan taushiyah di Masjid Al-Amman Mapolda Jabar Bandung, Rabu (27/11/2019).

Bupati menyatakan  rasa bahagianya bisa hadir di tengah-tengah keluarga besar Polda Jabar dalam suasana ibadah di ‘rumah Allah’.

“Ini sebuah kehormatan, kebanggaan  dan kebahagian tersendiri bisa silaturahmi di tempat yang mulia dengan suasana penuh kekeluargaan,” tuturnya.

Ia menjelaskan tentang pengertian taqwa kepada Allah SWT yang diartikan menjalankan perintah Allah SWT  dan menjauhi seluruh larangan-Nya.

“Taqwa tidak cukup  diucapkan dalam lisan tetapi dijalankan dalam kehidupan sehari- hari. Diantara ciri orang taqwa itu senantiasa menyisihkan hartanya (di jalan Allah) sesuai dengan kadarnya. Selanjutnya yaitu senantiasa menahan amarah, bisa mengendalikan emosi,” ungkapnya.

Ditambahkan Bupati, ciri lain orang bertaqwa adalah senantiasa memaafkan orang lain, sebelum orang lain meminta maaf. Kemudian ciri lainnya yaitu selalu berbuat kebaikan.

“Mudah- mudahan kita semua menjadi bagian orang-orang yang bertaqwa dan melaksanakan ciri- cirinya. Senantiasa  berinfaq, mengendalikan amarahnya dan memaafkan orang lain serta terus menerus berbuat kebaikan,” terangnya.

Terakhir bupati menjelaskan bagaimana caranya menjaga nilai- nilai ketaqwaan agar bisa terus stabil bahkan meningkat.

“Pertama harus sering hadir di majelis ilmu. Ketaqwaan akan meningkat apabila terus disiram dan dipupuk. Dengan hadir di majelis ilmu supaya terus taqwa kita stabil. Kedua berkumpul dengan orang- orang sholeh dan yang ketiga terus senantiasa mengingat akan kematian,” tuturnya.

Ia menerangkan, bahwa amal yang akan dibawa ketika mati hanya ada tiga yaitu amal saleh, ilmu yang bermanfaat, dan anak  sholeh yang mendoakan orang tuanya.

“Menjalankan tugas sebagai kepolisian merupakan bagian dari amal saleh. Menjaga ketertiban dan keamanan merupakan amal saleh. Memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat juga amal saleh,” pungkasnya. (Abas)

Advertisement

Categories: Pemerintahan

Tags: ,,,