Bupati Sumedang Laksanakan Pembinaan Akselerasi Peningkatan Kinerja Perangkat Daerah di Lingkungan Bappenda - El Jabar

Bupati Sumedang Laksanakan Pembinaan Akselerasi Peningkatan Kinerja Perangkat Daerah di Lingkungan Bappenda

SUMEDANG, eljabar.com — Bupati Sumedang H. Dony Ahmad Munir melaksanakan pembinaan dalam rangka Akselerasi Peningkatan Kinerja Perangkat Daerah di lingkungan Badan Pengelolaan Pendapatan Daerah (Bappenda) Kabupaten Sumedang, Senin (30/11/2020).

Kegiatan pembinaan ini dihadiri perwakilan Inspektorat, para Kepala Bidang, para Kepala Seksi Bappenda dan diikuti secara virtual melalui zoom meeting oleh sebagian lainnya di ruang kerjanya masing-masing.

Dalam kesempatan tersebut dilaksanakan pembacaan ikrar dan penandatanganan piagam Zona Integritas yang ditandatangani oleh Bupati Sumedang dan Kepala Bappenda Kabupaten Sumedang.

Kepala Bappenda Ramdan Ruhendi Dedi melaporkan, pada tahun 2019 SAKIP Bappenda berhasil meraih BB dengan nilai 73 dengan beberapa rekomendasi dari Inspektorat yang sudah ditindaklanjuti oleh pihak Bappenda.

Dikatakan, dalam rangka meningkatkan penerimaan pendapatan daerah di Bappenda terdapat dua Indikator Kinerja Utama (IKU) yakni persentase PAD dan kepuasan masyarakat terhadap pelayanan pajak daerah.

“Hasilnya ini sudah kami ‘cascading’ ke tiap bidang dan seksi untuk program kegiatannya dan hasil IKU Pendapatan Asli Daerah kita target 2019 sebesar 17.03 persen,” ungkapnya.

Bupati Sumedang H. Dony Ahmad Munir secara khusus menyampaikan apresiasi kepada Kepala Bappenda beserta jajarannya atas pencapaian target selama ini melalui berbagai inovasi yang dicanangkan.

Dalam konteks pembinaan SAKIP dan Zona Integritas, ia meyakini Bappenda sangat paham strategi yang harus dilakukan sehingga tinggal kemauan dan komitmen kuat untuk melakukan tata kelola sesuai dengan SAKIP yang berorientasi hasil.

“Saya kita teorinya sudah sangat paham. Zona Integritas itu ada delapan area perubahan, tinggal will atau kemauan yang keras dan komitmen yang kuat untuk mengimplementasikan dalam setiap kebijakan,” ungkapnya.

Lebih lanjut kata Bupati, Ikrar Zona Integritas yang telah dibacakan oleh Kepala Bappenda hendaknya menjadi komitmen bersama dan memberikan efek psikologis untuk dipahami dan dijalankan oleh seluruh elemen di lingkungan Bappenda.

“Zona Integritas ini untuk mewujudkan birokrasi bersih melayani sehingga ‘bereaucrat reform’ bisa tercapai. Intinya ada sasaran reformasi birokrasi. Ada before, ada after,” pungkasnya. (Abas)

Categories: Pemerintahan