Bupati Sumedang Resmikan Gerai Mulus di Dusun Pari - El Jabar

Bupati Sumedang Resmikan Gerai Mulus di Dusun Pari

SUMEDANG, eljabar.com — Bupati Sumedang H Dony Ahmad Munir meresmikan Gerai Mulus (Maju Bersama UMKM Lebih Berkembang UPKKS Kecamatan Surian di Dusun Pari Desa Wanajaya, Rabu (07/10/2020).

Heni Rukmini sebagai perwakilan pelaku UMKM Kecamatan Surian mengakui bahwa kehadiran bupati memberikan dorongan besar bagi para pelaku UMKM di Kecamatan Surian untuk lebih aktif dan berkembang.

“Kami termotivasi oleh rekan-rekan kami dari Sumedang Utara, Sumedang Selatan, Tanjungsari, Cimalaka, Pamulihan, dan Rancakalong yang sudah terlebih dahulu membuat pusat oleh-oleh UMKM,” ucapnya.

Ia bersama para pelaku UMKM lainnya di Surian berkeinginan untuk memiliki galeri penjualan produk-produk UMKM di Surian.

“Saya berharap produk-produk ini bisa menjadi kebanggaan bagi masyarakat Kabupaten Sumedang, bahkan bisa menjadi suvenir tamu dari luar kota,” ungkapnya.

Ia menerangkan, lebih dari 200 para pelaku UMKM di Surian bernaung dalam wadah tersebut.

“Saat ini yang sudah masuk hampir 80 UMKM dan sudah mengisi produk di Gerai Mulus. Kami pun siap memasarkan secara online,” terangnya.

Di sela-sela meninjau produk Gerai Mulus Bupati Dony menyampaikan penilaiannya akan keberadaan gerai dan produk yang ditampilkan.

“Tempatnya cukup resperentatif dan produknya sudah banyak yang terdaftar PIRT-nya. Berarti kualitasnya sudah terjamin kehigienisan dan kesehatannya,” ucapnya.

Produk-produk tersebut, lanjut bupati, mulai dari makanan khas olahan sampai dengan kerajinan tangan berupa hiasan dan alat rumah tangga tradisional dari bambu atau kayu.

“Ada kaneker, gula Aren, kripik pisang, madu murni yang mengandung khasiat obat sakit mag, serta kerajinan lainnya. Makanan khas desa tapi dikemas dengan bagus sehingga bisa dipasarkan (lebih luas),” terangnya

Ia mengungkapkan, dengan adanya Gerai tersebut setidaknya warga Surian yang  sebelumnya harus keluar kota, bisa membeli kebutuhannya disini.

“Jadi nanti jalannya sudah bagus ada tempat wisatanya. Orang yang kesini diarahkan belanja oleh-olehnya ke Wanajaya. Saya berharap ini bisa maju karena ini perbatasan dengan Subang juga Indramayu,” ungkapnya. (Abas)

Categories: Ekonomi