Bupati Sumedang Monitoring Simulasi Pembelajaran Tatap Muka 50% di SMAN Tanjungkerta - El Jabar

Bupati Sumedang Monitoring Simulasi Pembelajaran Tatap Muka 50% di SMAN Tanjungkerta

SUMEDANG, eljabar.com — Selesai meresmikan Gerai UMKM Mulus di Kecamatan Surian, Bupati H Dony Ahmad Munir melanjutkan perjalanannya ke Kecamatan Tanjungkerta untuk memonitor Simulasi Pembelajaran Tatap Muka 50% di SMAN Tanjungkerta.

Kedatangan bupati disambut oleh Kepala Cabang Dinas (KCD) Pendidikan Wilayah VIII Jawa Barat Otin Martini, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sumedang Agus Wahidin, dan Kepala SMAN Tajungkerta Jajat Sudrjat beserta jajaran, Rabu (07/10/2020).

Bupati sesaat setelah melihat simulasi mengatakan, peninjauan tersebut sebagai pengecekan terakhir atas kesiapan SMAN Tanjungkerta sebagai ‘pilot project’ untuk pembelajaran tatap muka di Kabupaten Sumedang.

“Saya mengecek langsung kesiapannya, baik sarananya, SOP-nya, perangkatnya dan juga simulasi dengan menghadirkan siswa langsung,” ucapnya.

Dalam simulasi tersebut diparaktikkan bagaimana siswa ketika datang ke sekolah, dicek suhu tubuh, cuci tangan memakai sabun ketika masuk ke sekolah, dan menjaga jarak.

“Ada 20 tempat cuci tangan. Luar biasa tadi. Sudah sangat rapi dan ada (petugas) yang menyampaikan tentang protokol kesehatan,” terangnya.

Ia juga telah melihat kesiapan Ruang UKS yang sudah memenuhi standar kesehatan dan juga tempat untuk isolasi.

“Kalo ada siswa yang suhu tubuhnya di atas 38 derajat langsung masuk UKS, diisolasi dulu. Langsung kontak hotline ke Puskesmas, nanti dokter datang untuk memeriksa,” ucapnya.

Untuk tahap pertama, lanjut bupati, rencananya 100 siswa dari Kelas 1 yang terlebih dahulu mengikuti pembelajaran tatap muka langsung.

“Tahap pertama 100 orang yakni hanya Kelas 1 saja. Tapi di kelasnya diisi setengah kapasitas. Sisanya live melalui aplikasi Zoom di rumahnya masing-masing,” ujarnya.

Ia mengingatkan bahwa keterpaduan semua pihak dalam intergrasi dan kolaborasinya akan sangat menentukan keberhasilan dari pembelajaran tatap muka tersebut.

“Selain pihak sekolah, pihak lainnya mulai dari Dinas Kesehatan, Puskesmas, Kecamatan, sampai Satpol PP semua ikut berperan dalam mensukseskan program pembelajaran tatap muka di SMA Tanjungkerta ini,” tegasnya.

Ia menilai bahwa secara keseluruhan pembelajaran tatap muka di SMAN Tanjungkerta sudah siap dilaksanakan.

“Jadi tahap-tahapannya sudah sangat detail dan sudah sangat siap,” imbuhnya.

Namun demikian, ia bersama jajaran Gugus Tugas akan mengevaluasi kesiapan tersebut dari sisi epidemiologinya.

“Hari ini di Sumedang secara keseluruhan ada 20 orang total yang positif. Besok diputuskan kapan dimulainya belajar tatap muka ini setelah rapat dengan Gugus Tugas,” katanya.

Di Kabupaten Sumedang sendiri, ada dua sekolah yang menyatakan siap melaksanakan pembelajaran tatap muka yakni SMAN Tanjungkerta dan SMA Al- Mustopa di Pamulihan.

“Saya mohon doanya semoga ini lancar. Karena anak-anak sudah terlalu lama di rumah. Tapi yang penting lagi, protokol kesehatan harus tetap dijalankan karena kita lebih mengutamakan keselamatan jiwa. Itu prioritas,” jelasnya. (Abas)

Categories: Pendidikan