Calon Mahasiswa Baru PTSA Dan PKKMB Ikuti PKKMB Tahun Akademik 2021/2022 Secara Virtual – El Jabar

Calon Mahasiswa Baru PTSA Dan PKKMB Ikuti PKKMB Tahun Akademik 2021/2022 Secara Virtual

Sebanyak 1.311 calon mahasiswa baru Perguruan Tinggi Sebelas April (PTSA) Sumedang dan Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) Sumedang mengikuti Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) Tahun Akademik 2021/2022 secara virtual.

Bertempat di Kantor Yayasan Pendidikan Sebelas April Sumedang Kelurahan Situ Kecamatan Sumedang Utara, Bupati Sumedang H. Dony Ahmad Munir hadir menjadi salah satu narasumber pada kegiatan tersebut, Sabtu (4/9)).

Kegiatan yang bertemakan “Melalui Kegiatan PKKMB Kita Wujudkan Program Merdeka Belajar ebagai Upaya menuju Universitas Unggul, Kreatif, Inovatif, dan Berkarakter” dihadiri oleh Ketua Pengurus Yayasan Pendidikan Sebalas April Sumedang H. Yuyun Hidayat, Ketua Pengurus Yayasan Pendidikan Sumedang H. Mulya Suryadi, S.Pd., M.Kom., jajaran panitia penyelenggara, Civitas Akademika Perguruan Tinggi Sebelas April Dan STMIK Sumedang dan seluruh mahasiswa baru yang mengikuti.

Koordinator Seksi Acara Fidi Supriadi S.Kom, MT menyebutkan, tujuan umum PKKMB Tahun 2021 adalah untuk memberikan pembekalan kepada mahasiswa baru agar dapat lebih cepat beradaptasi dengan lingkungan kampus.

“Selain itu, PKKMB bertujuan menanamkan kesadaran berbangsa, bernegara, bela negara, serta peduli lingkungan dan masyarakat
sesuai dengan Empat Pilar Kebangsaan yakni Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika,” ucapnya.

Selama PKKMB, lanjut Fidi, mahasiswa baru diperkenalkan kepada sistem pembelajaran dan kehidupan civitas akademika di perguruan tinggi dengan
menanamkan nilai-nilai dasar pendidikan dan perguruan tinggi.

“Para mahasiswa baru diperkenalkan hak dan kewajibannya sebagai mahasiswa, sebagai insan pra-dewasa, bagi diri lingkungan sekitar serta diarahkan untuk mewujudkan kampus yang ramah, aman dan sehat, ” tuturnya.

Ditambahkan Fidi, dengan adanya PKKMB para mahasiswa baru bisa memahami dan mengenali lingkungan barunya, terutama organisasi dan struktur perguruan tinggi, sistem pembelajaran dan kemahasiswaan.

“Dengan demikian, mahasiswa baru memahami arti penting pendidikan yang akan ditempuhnya dan serta mampu menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari, juga tercipta persahabatan dan kekeluargaan antar mahasiswa, dosen, serta tenaga kependidikan,” ungkapnya.

Sementara itu, Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir mengucapkan selamat datang kepada para mahasiswa baru Perguruan Tinggi Sebelas April dan STMIK Sumedang.

“Kampus ini adalah tempat dimana saudara-saudara mampu menjadi bagian dari masyarakat ilmiah yang disebut dengan civitas akademika,” katanya.

Ditambahkan Bupati, pandemi Covid-19 menyebabkan perubahan sistem di berbagai sektor termasuk pendidikan, dimana pembelajaran dilakukan secara Daring yang sudah berjalan setahun lebih.

“Tentunya dengan PKKBM ini, kebersamaan dengan dosen, tenaga pendidik bahkan rekan-rekan mahasiswa dapat terjalin meski dalam suasana pandemi,” ungkap Bupati.

Bupati meminta kepada para mahasiswa baru memanfaatkan PKKMB sebgai wahana agar dapat lebih cepat beradaptasi dengan lingkungan kampus serta memahami mekanisme yang berlaku di dalamnya.

“Saya berpesan kepada para mahasiswa untuk bersungguh-sungguh dalam kegiatan PKKMB ini sebagai langkah awal dalam menuntut ilmu di kampus serta membangun rasa memiliki terhadap kampusnya,” ujarnya.

Terakhir Bupati berpesan agar masing-masing menghadirkan niat ikhlas dalam setiap kegiatan apapun, termasuk dalam mengikuti PKKMB.

“Laksanakan dan ikuti pembelajaran dengan sebaik baiknya untuk menggapai cita cita dan jagalah nama baik almamater,” ucapnya.(abas)

Categories: Pendidikan,Uncategorized