Capai 600 Miliar Lebih, Laju PMDN Kota Sukabumi Tunjukan Tren Positif - El Jabar

Capai 600 Miliar Lebih, Laju PMDN Kota Sukabumi Tunjukan Tren Positif

SUKABUMI, eljabar.com — Laju perkembangan investasi dan perusahaan Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) di Kota Sukabumi tergolong menunjukan tren yang positif. Berdasarkan data dari Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) setempat. Sepanjang tahun 2020 jumlahnya mencapai Rp618,886,992,677.

“Alhamdulillah, sampai dengan akhir tahun lalu, jumlah investasi dan PMDN di kita tergolong sangat bagus, dan bisa melebihi target yang sudah ditentukan,” ujar Kabid Penanaman Modal DPMPTSP Kota Sukabumi Hj. Sufiani, Senin (22/02/2021).

Dari perolehan itu, lanjut Sufiani, mampu menyerap tenaga kerja sebanyak 2.416, dengan jumlah perusahaan mencapai 430. Terdiri dari, mikro sebanyak 18, perusahaan kecil 278, perusahaan menengah 106, dan perusahaan besar mencapai 28.

“Setiap ada yang menanamkan modalnya, tentu saja akan berdampak juga terhadap penyerapan tenaga kerjanya,” terangnya.

Sufiani menambahkan, meskipun dari sisi geografis Kota Sukabumi hanya memliliki luas wilayah  48,33 km², namun pihaknya tetap saja akan memperkenalakan potensi-potensi investasi di Kota Sukabumi. Meskipun kata Sufiani, Kota Sukabumi sendiri hanya bisa ditempati oleh indutri non polutan dan sektor industri pengolahan berskala kecil dan menengah. Sehingga wajar jika yang menanamkan modalnya itu masih seputar disektor jasa dan perdagangan.

“Investasi di Kota Sukabumi itu masih didominasi oleh jasa dan perdagangan,” pungkasnya. (Anne)

Categories: Pemerintahan