Citaleus Kembangkan Kawasan Agrobisnis Kalapa Ciung Green Park - El Jabar

Citaleus Kembangkan Kawasan Agrobisnis Kalapa Ciung Green Park

SUMEDANG, eljabar.com — Desa Citaleus Kecamatan Buahdua siap mengembangkan lahan seluas 20,076 Ha untuk kawasan agrobisnis, ekowisata dan sport centre dengan nama Kalapa Ciung Green Park.

Untuk memonitor kesiapan tersebut, Sabtu (28/11/2020), Bupati Sumedang H. Dony Ahmad Munir didampingi Ketua Tim Penggerak PKK Hj. Susi Gantini meninjau langsung ke lokasi sekaligus meresmikan beberapa kegiatan UKM di desa tersebut.

Kepala Desa Citaleus Arli mengatakan, Desa Citaleus memiliki potensi alam yang luar biasa untuk dikembangkan dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Desa kami di tahun 90-an pernah menjadi Desa Tertinggal. Namun, dengan adanya potensi yang ada, maka kami terus membuat berbagai program dan berkolaborasi dengan Bumdes dan para kelompok usaha dibidang pertanian, perikanan, peternakan, dan ekonomi kreatif,” ujarnya.

Dikatakan, berbagai program dalam rangka pengentasan kemiskinan diantaranya budidaya telur asin, kerupuk lele, abon lele, dan makanan lainnya.

“Kita juga mengembangkan kerajinan yaitu pembuatan kasur karpet (surpet)dan dalam rangka meningkatkan ekonomi masyarakat Desa Citaleus,” ungkapnya.

Arli menambahkan Desa Citaleus akan mengembangkan kawasan agrobisnis, ekowisata dan olahraga di Dusun Kalapa Ciung dalam waktu enam tahun ke depan.

“Untuk tahun 2020 di Kalapa Ciung Green Park kita fokuskan pada usaha pembibitan dan pembesaran lele dengan sistem Bioflok, budi daya ikan dalam ember (Budikdamber), budi daya magot, pembibitan tanaman rumah kaca, pengembangan warung makan kuliner UMKM, serta pengolahan dan pembuatan Abon Lele dan krupuk lele,” ucapnya.

Untuk tahun-tahun selanjutnya, sambung Kades Arli, akan turut dikembangkan sarana dan prasarana olahraga, wisata ramah lingkungan (ekowisata) serta fasilitas sosial dan fasilitas umumnya turut dilengkapi.

“Nanti akan ada wahana out bond, jogging track, offroad adventure, bumi perkemahan, dan pengembangan wisata air,” tuturnya.

Ia pun mengucapkan terima kasih kepada seluruh ‘stakeholders’ yang telah berkontribusi dalam terlaksananya pengembangan Kalapa Ciung Green Park tersebut.

“Saya harapkan dengan adanya ini semua mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat, khususnya di Desa Citaleus,” tuturnya.

Sementara itu, Bupati H Dony Ahmad Munir mengatakan potensi alam yang ada di Desa Citaleus sangat luar biasa dan diharapkan menjadi modal utama agar Citaleus ke depannya bisa lebih maju lagi.

“Saya harap pemerintah dan masyarakat Desa Citaleus bisa terus bekerja sama dalam membangun desa sehingga menurunkan angka kemiskinan,” ujarnya.

Pada kesempatan tersebut diserahkan bantuan 10.000 benih ikan lele kepada Kepala Desa Citaleus dan 50 unit sarana Budikdamber untuk kepada keluarga miskin, Ketua RT dan RW.

Masih di tempat yang sama yakni Kalapa Ciung Green Park dilaksanakan peresmian Rumah Kaca Kelompok Wanita Tani, peresmian Warung Makan UKM Dapur Emak, peletakan batu pertama Mesjid Al-Munir, penebaran benih ikan lele sistem Bioflok dan peninjauan budidaya Magot.

Dari Desa Citaleus, Bupati Sumedang melanjutkan kunjungan kerjanya untuk meresmikan Gerai UMKM Binaan Urang Buahdua (Gumbira) di Desa Buahdua Kecamatan Buahdua.

Gerai UMKM ini merupakan binaan dari Forum Silaturahmi dan Komunikasi UMKM Unggulan Sumedang Koordinator Wilayah Buahdua yang memasarkan pusat oleh oleh dan rumah makan lesehan.

Bupati juga melanjutkan meresmikan pula Kampung Dodol (Dodol Ngecrot Manis Madu) di Desa Cibitung yang merupakan program One Village One Product.

Bupati menutup kunjungan kerjanya dengan meninjau bedah Rutilahu (Rumah Tidak Layak Huni) milik Ma Tihat (72) warga Dusun Cibitung Desa Cibitung. (Abas)

Categories: Regional