Cuaca Buruk, Warga Sumenep Diimbau Tidak Beraktivitas di Laut - El Jabar

Cuaca Buruk, Warga Sumenep Diimbau Tidak Beraktivitas di Laut

SUMENEP, eljabar.com – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur meminta masyarakat tidak melakukan aktivitas laut, karena cuaca buruk.
Hal itu berdasar Surat Edaran (SE) yang dikeluarkan oleh Kementrian Perhubungan Direktorat Jendral Perhubungan Laut Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Perhubungan Kelas IV Kalenget Sumenep, Nomor: UM.003/10/2/KSOP.KLO-2021 tentang peringatan Badai dan Cuaca Buruk.
Kepala BMKG Kalianget, Sumenep, Usman Kholid, menjelaskan prakiraan cuaca ekstrim terjadi sejak 24-26 Februari 2021.
“Gelombang di perairan Sumenep cukup tinggi pada tanggal tersebut,” katanya saat dikonfirmasi melalui sambungan teleponya, Kamis (25/02/2021).
Ketinggian gelombang laut dibperairan Sumenep pada tanggal tersebut diperkirakan akan mencapai 3 meter lebih dan hal kondisi ini akan membahayakan aktivitas melaut.
“Yang sangat berpotensi gelombang tinggi yakni di timur pulau Masalembu, Sapudi dan Kangean,” tambahnya.
Tidak hanya itu, kata Usman, di selat Madura bagian timur juga berpotensi cuaca buruk, karena ketinggian gelombang rata-rata mencapai 2 meter. Belum lagi, kata dia, saat ini intensitas hujan juga tinggi.
“Potensi keberadaan awan Comonolibus atau awan Sibi di laut dapat memicu peningkatan kecepatan angin dan tinggi gelombang,” tutupnya. (ury)

 

Categories: Nasional