Cukup Baik, Serapan Anggaran SKPD di Pemkot Sukabumi Capai 94 Persen - El Jabar

Cukup Baik, Serapan Anggaran SKPD di Pemkot Sukabumi Capai 94 Persen

SUKABUMI, eljabar.com — Tingkat Penyerapan anggaran di setiap Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di Pemerintah Kota Sukabumi mencapai 93 hingga 94 persen, nilai tersebut tentunya tergolong cukup baik.

“Berdasarkan evaluasi dengan SKPD, tingklat penyerapannya rata-rata diatas 92 persen,” ujar Ketua Pansus Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Walikota dan Wakil Walikota Sukabumi Anggaran 2020, Senin (26/04/2021).

Untuk itu, lanjut Danny, paradigmanya bukan berarti banyak sisa anggaran dibilang baik, justru bahwa suatu dinas atau SKPD itu dikatakan baik, apabila penyerapan anggarannya maksimal diatas 92 persen.

“Jadi jangan dikira dengan menyisakan anggaran, SKPD itu disebut baik,” tandas Danny.

Danny juga mengungkapkan, jika sekitar awal Mei 2021, akan dilakukan paripurna hasil pansus LKPJ. Sebab, di minggu depan pansus akan melakukan pembulatan hasil pansus yang akan memberikan catatan kepada pimpinan daerah.

“Catatan disini maksudnya rekomendasi yang harus dilakukan oleh Pemkot menuju arah yang lebih baik lagi. Karena pansus LKPJ berbeda dengan pansus lainnya yang bisa melahirkan sebuah Perda, sedangkan pansus LKP hanya bisa melahirkan sebuah rekomendasi atau catatan yang harus diperhatikan oleh pemda,” pungkas Danny. (Anne)

 

Pemkot Sukabumi Kembali Raih Predikat BB dalam Evaluasi SAKIP Tahun 2020
SUKABUMI, elajabar.com — Pemkot Sukabumi kembali menerima predikat BB dalam evaluasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) tahun 2020. Penghargaan tersebut diberikan langsung oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo kepada Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Sukabumi Didasembada, di Birawa Assembly Hall, Hotel Bidakara Jakarta, Kamis (22/04/2021) lalu.

Seperti yang dikutip media sosial dokpimkotasukabumi, Walikota Sukabumi Achmad Fahmi mengungkapkan, dengan prestasi ini akan memacu semangat untuk lebih baik di tahun mendatang, terutama dalam peringkat SAKIP Kota Sukabumi. Pencapaian kali ini pun menjadi motivasi terutama dalam berdisiplin dan kolaborasi serta membuat perencanaan, pelaksanaan dan penganggaran yang efektif dan efisien.

“Terimakasih kepada satuan kerja perangkat kepala daerah (SKPD), sehingga Sakip Kota Suakbumi paling bagus di Jabar,” ujarnya.

Tujuan dari evaluasi SAKIP ini yakni menilai tingkat akuntabilitas atau pertanggungjawaban atas hasil terhadap penggunaan anggaran dalam rangka terwujudnya pemerintahan yang berorientasi pada hasil. (Anne)

 

Categories: Pemerintahan