Dalam HKN) ke-57 Tingkat Kabupaten Sumedang Lembaga Dan Insan Kesehatan di Berikan Penghargaan – El Jabar

Dalam HKN) ke-57 Tingkat Kabupaten Sumedang Lembaga Dan Insan Kesehatan di Berikan Penghargaan

Sumedang, eljabar. Com — Dalam peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-57 Tingkat Kabupaten Sumedang, Jumat (12/11), berbagai penghargaan diberikan kepada insan dan lembaga kesehatan atas prestasinya dalam penangan Covid-19 di Kabupaten Sumedang.

Penghargaan tersebut diberikan kepada Puskesmas Hariang sebagai Puskesmas tercepat pencapaian target vaksinasi Covid-19, Puskesmas Ganeas sebagai tertinggi pencapaian target vaksinasi Covid-19 dan Puskesmas Cimalaka sebagai terbanyak dalam vaksinasi Covid-19.

Selain itu, diberikan pula penghargaan kepada para Tenaga Kesehatan Berprestasi Tingkat Kabupaten dan Provinsi, Relawan Tim Mobile Vaksin dan kepada pegawai yang memasuki Purna Bakti.

Semua penghargaan secara simbolis diserahkan Wakil Bupati Sumedang H. Erwan Setiawan di Gedung Negara dan disaksikan Sekretaris Daerah Kabupaten Sumedang Herman Suryatman, Kepala Dinas Kesehatan  Dadang Sulaeman, Direktur RSUD Kabupaten Sumedang H Aceng Solehudin,  pimpinan Bank bjb Cabang Sumedang Ahmad Juansyah  Direktur Bank Sumedang Yanti Krisyana Dewi dan perwakilan Kepala Puskesmas..

Kegiatan tersebut diikuti pula secara virtual oleh para tenaga kesehatan di lingkungan Dinas Kesehatan Kabupaten Sumedang dari tempat kerjanya masing-masing.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sumedang Dadang Sulaeman dalam laporannya menyebutkan, Tanggal 12 November diperingati sebagai Hari Kesehatan Nasional (HKN) dan kali ini mengambil tema “Sehat Negeriku, Tumbuh Indonesiaku”.

“HKN merupakan momentum penyatuan tekad dan semangat untuk memperjuangkan ketahanan kesehatan Indonesia,” ujarnya.

Dadang menambahkan, peringatan HKN ke-57 menjadi momentum untuk kembali mengedukasi, mengubah perilaku, meningkatkan partisipasi masyarakat dalam penerapan protokol kesehatan dan vaksinasi COVID-19.

“Peningkatan kesehatan ini salah satunya bisa kita lihat dari keberhasilan Kabupaten Sumedang dalam mengatasi lonjakan Covid-19 dan meningkatkan herd immunity melalui vaksinasi,” ujar Dadang.

Dadang menyebutkan, beberapa kegiatan yang dilaksanakan dalam rangka HKN ke-57 ” pelaksanaan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) secara serentak tanggal 22 Oktober 2021, Seminar Ilmiah yang diselenggarakan oleh Organisasi Profesi Kesehatan yang akan dilaksanakan pada 21 November 2021 dan pengabdian masyarakat berupa operasi katarak gratis dan donor darah

“Ada juga Lomba Video Penanganan Covid-19 yang diikuti oleh UPTD Puskesmas dan yang terakhir ada Tes Kebugaran bagi petugas Kesehatan yang akan dilaksanakan pada tanggal 19 dan 26 November 2021,” jelasnya.

Wabup mengapresiasi para tenaga kesehatan termasuk institusi pendidikan kesehatan di Kabupaten Sumedang yang telah bekerja sama dalam penanganan Covid 19 di Kabupaten Sumedang.

“Saya mengapresiasi kepada semua pihak yang telah berkontribusi dalam penanganan COVID-19, mendorong penguatan Fasyankes dalam upaya kesehatan promotif dan preventif sehingga seluruh komponen masyarakat dapat kembali produktif di era adaptasi kebiasaan baru,” ujar Wabup.

Wabup menyebutkan, meski Sumedang menjadi salah satu Kabupaten yang berhasil menurunkan lonjakan kasus Covud-19, namun hendaknya tidak membuat semua pihak terlena.

“Dengan capaian penurunan kasus Covid-19 di Kabupaten Sumedang saat ini, sebaiknya tetap membuat kita waspada apalagi penyebaran virus Corona  yang tidak bisa diprediksi,” ucapnya.

Oleh karenanya, Wabup berharap agar masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan di setiap kegiatan dan peningkatan kapasitas 3T (testing, tracing, dan treatment) terus dilaksanakan.

“Selaras dengan tema “Sehat Negeriku , Tumbuh Indonesiaku” diharapkan menjadi penyemangat bagi pelaku pembangunan
untuk terus bangkit dari kondisi pandemi Covid 19, termasuk masyarakat umum, khususnya para penggiat sektor kesehatan.

“Saya berharap rangkaian peringatan HUT HKN ini dapat menguatkan serta membangkitkan semangat optimisme seluruh komponen masyarakat dalam menyelesaikan pandemi Covid 19,”
pungkasnya.

Di pengunjung acara, para peserta yang mengikuti kegiatan baik secara Luring maupun Daring berkesempatan mendapatkan doorprize dari panitia dengan cara diundi.(abas)

Categories: Regional