Danrem 062/Tarumanaga Pimpin Gerakan “Hijaukan” Hutan Taman Buru Kareumbi

SUMEDANG, eljabar.com — Danrem 062/Tarumanaga Kolonel Inf Parwito pimpin pelaksananaan penanaman pohon “Penghijauan” di Hutan Taman Buru Kareumbi Desa Cilembu Kecamatan Pamulihan Kabupaten Sumedang, Rabu pagi (18/12/2019).

Dalam kegiatan tersebut Danrem didampingi Dandim 0610/Sumedang Letkol Arh Novianto Firmansyah S.E.,M.Tr (Han), Kepala BKSDA Ir. Ammy Nurwati, M.M, Kepala BPDAS Ir. Rukmana Dayadi, M.Si, Camat Pamulihan, Kepala Desa Pamulihan beserta Kelompok Tani Hutan Kareumbi Agung.

Saat dikonfirmasi media di lokasi,  Danrem mengatakan dulu pada awalnya hutan ini merupakan hutan pinus, mengingat sudah ada beberapa pohon yang sudah ditebang sehingga tanaman tersebut berkurang.

“Padahal tanaman ini sangat vital untuk sumber mata air, buat penghidupan bagi masyarakat yang ada disekitar sini,” ungkapnya.

Dengan kepedulian dari Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan dalam hal ini BKSDA dan BPDAS bersama Kodim 0610/Sumedang mengadakan kerjasama untuk menanam pohon supaya lahan tersebut kembali  hijau.

“Adapun lahan yang akan ditanami seluas 137,19 Ha, dengan harapan lahan seluas itu bisa kita hijaukan kembali, untuk mengurangi dampak bahaya bencana tanah longsor kekeringan dan sebagainya,” jelasnya.

Ditempat yang sama Kepala BPDAS Ir. Rukmana Dayadi, M.Si menuturkan jenis tanaman yang di tanam diantaranya pohon Salam, Kayu Manis, Pulai, Kisireum, Kicangkudu, Rasamala, Puspa, Kiteja dan Mahoni.

Selain di Blok Patambon, Ir. Rukmana Dayadi menambahkan penanaman tersebut akan dilaksanakan juga di Blok Legok Uri dan Blok Legok Ahum.

“Jumlah pohon dari berbagai jenis pohon yang akan kita tanam di Kecamatan Pamulihan  ini sebanyak 17.149 pohon,” pungkasnya. (Abas)

Advertisement

Categories: Regional