Dara Raih Beasiswa di Malaysia, Bupati: Torehkan Prestasi untuk Harumkan Sumedang…!

SUMEDANG, eljabar.com — Dara Melati Sakinah adalah calon mahasiwi berprestasi asal Sumedang yang mendapatkan beasiswa full board (dibiayai penuh) dari Albukhary International University di Alor Setar, Kedah, Malaysia.

Pada hari Senin (18/11/2019), dengan ditemani oleh sang ibu, Dara mendatangi Gedung Negara untuk memohon do’a restu Bupati Sumedang H Dony Ahmad Munir terkait rencana kepergiannya pada akhir pekan ini.

Dara adalah anak sulung dari pasangan Neneng Ahyati, S.Pd dan Babay Iskandar asal Dusun Pasigaran, Desa Pasigaran, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Sumedang, Provinsi Jawa Barat.

Ayahnya pegawai swasta dan ibunya menjadi Pendamping PKH di Kecamatan Sukasari. Meskipun dengan penghasilan pas-pasan untuk menghidupi lima anak, namun kedua orang tua Dara bercita-cita tinggi agar anaknya bisa sekolah di luar negeri.

Dara bersama 3 orang lainnya dari Jawa Barat merupakan angkatan pertama yang diterima dalam Program Beasiswa hasil kerja sama BAZNAS Pusat dengan Albukhary International University.

“Seleksinya sangat ketat. Dari 307 peserta dari Indonesia yang lolos tahapan administrasi, hanya 70 yang lanjut ke tahap interview. Dan akhirnya hanya 42 orang yang diterima,” kata gadis kelahiran Sumedang pada 26 September 2000 itu.

Dikatakan olehnya, persyaratan yang cukup berat adalah kecakapan berbahasa Inggris dan presentasi saat wawancara.

“Untuk presentasi kita harus mempersiapkan portofolio pribadi yang semuanya disajikan dalam Bahasa Inggris. Begitu juga TOEFL harus di atas 550. Selain oleh ibu, saya belajar secara intensif Bahasa Inggris,” kata penghobi membaca buku motivasi tersebut.

Masih di Tahun 2019, sebelumnya ia juga pernah mencoba mendapatkan beasiswa melalui Türkiye Burslari Scholarships di Turki namun gugur pada tahapan seleksi administrasi. Tetapi ia tidak putus asa dan akhirnya diterima di Albukhary International University Malaysia.

“Kuncinya adalah tekun. Jangan mudah patah semangat. Alhamdulillah, sekarang bisa memetik hasilnya,” ujar dia yang selalu juara story telling sejak SD itu.

Dara merupakan lulusan SMAN Tanjungsari Tahun 2019. Sebelumnya ia belajar di SMPN Sukasari. Ia pun menjadi partisipan termuda di Trainer Academy milik Merry Riana. Bahkan pernah diundang IMF sebagai delegasi pada Simulasi Sidang PBB di Bali pada 13-16 November 2019, namun batal karena tidak ada sponsor.

Bupati H Dony Ahmad Munir menyampaikan rasa bangganya karena ada siswa Sumedang berprestasi bisa kuliah di luar negeri dengan jalur beasiswa.

“Ini merupakan prestasi yang patut dicontoh oleh siswa lainnya. Mengingat kuliah dengan biaya sendiri cukup berat, apalagi ini di luar negeri,” ucapnya.

Ia juga berpesan agar tidak menyia-nyiakan kesempatan itu dengan cara belajar sungguh-sungguh dan membawa nama baik Sumedang di mancanegara.

“Dara patut bersyukur mendapat beasiswa ini. Tidak semua bisa mendapatkan kesempatan seperti Dara. Jadi belajarlah dengan tekun di sana. Torehkan prestasi yang akan mengharumkan Sumedang,” kata bupati. (Abas)

Advertisement

Categories: Pendidikan