Dedi Supandi menyerahkan SK Pembukaan Kompetensi Keahlian Baru di Kawasan Metropolitan Rebana 20202023 di SMKN 1 Mundu, Cirebon – El Jabar

Dedi Supandi menyerahkan SK Pembukaan Kompetensi Keahlian Baru di Kawasan Metropolitan Rebana 20202023 di SMKN 1 Mundu, Cirebon

CIREBON, eljabar.com — Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Jawa Barat (Jabar), Dedi Supandi menyerahkan Surat Keputusan Pembukaan Kompetensi Keahlian Baru di Kawasan Metropolitan Rebana Tahun 2020 – 2023. Acara ini berlangsung di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Mundu, Jln. Kalijaga Mundu Pesisir No. 1, Cirebon, Jumat (1/10/2021).

Sebanyak 17 SMK negeri membuka kompetensi keahlian baru dan 12 program keahlian kurikulum SMK berbasis industri.

Kadisdik menilai, adanya jurusan baru ini dapat menjadikan sumber daya manusia (SDM) yang mampu menghadapi tantangan di kawasan Metropolitan Rebana.

Selain itu, tambah Kadisdik, memicu setiap SMK untuk meningkatkan kualitas proses dan hasil pembelajarannya sesuai tuntutan kebutuhan dunia kerja. “Juga meningkatkan kerja sama yang lebih erat antara lembaga pendidikan (SMK) dengan dunia usaha dunia industri (DUDI) dan asosiasi profesi,” tuturnya.

Menurutnya, sesuai tagline “SMK Bisa”, ternyata ini bukan sekadar launching, tapi banyak juga siswa yang sudah mendaftar. “Itu artinya sudah siap,” ungkap Kadisdik.

Sementara itu, Wakil Gubernur (Wagub) Jabar, Uu Ruzhanul Ulum yang hadir secara virtual menyatakan, menguatkan kembali bahwa Cirebon-Subang-Majalengka-Indramayu ini termasuk daerah rebana yang akan menjadi skala prioritas dalam pembangunan, daerah tersebut sudah dianggap sebagai daerah terlengkap dalam konektivitas.

“Persiapkanlah orang-orang yang akan memberikan pendidikan. Persiapkan pula sarana dan prasarana menuju rebana di masa yang akan datang,” pungkasnya.

Acara ini pun dihadiri Kepala Bidang (Kabid) Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan (PSMK), Edy Purwanto, Kepala Kantor Cabang Dinas Pendidikan Wilayah X, Ester Miori Dewayani serta Kepala SMKN 1 Mundu, Wawan Siswandi. ***

Categories: Pendidikan