Dekan Fakultas Ilmu Komunikasi Unpad Apresiasi Pemkab Sumedang Dalam Penanganan Covid19 – El Jabar

Dekan Fakultas Ilmu Komunikasi Unpad Apresiasi Pemkab Sumedang Dalam Penanganan Covid19

Dekan Fakultas Ilmu Komunikasi Unpad
Dadang Rahmat Hidayat memberikan apresiasi kepada jajaran Pemerintah Daerah Kabupaten Sumedang yang dinilai telah menjalankan strategi komunikasi yang baik dalam menangani Pandemi Covid-19.

Apresiasi itu ia sampaikan saat Bupati Sumedang H. Dony Ahmad Munir menjadi pembicara pada Webinar yang digelar oleh Departemen Komunikasi dan Korporasi Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjajaran yang bertajuk “Strategi Komunikasi Publik Pemerintah Di Masa Pandemi Covid 19”, Kamis (25/11).

“Kolaborasi dan orkestrasi yang dilakukan Pemkab Sumedang sudah cukup kuat dan luar biasa, termasuk mitigasi komunikasinya sudah sangat baik,” ujar Dadang.

Dalam paparannya Bupati Dony Ahmad Munir menyampaikan, strategi komunikasi publik yang baik dalam penanganan Covid-19 harus dimulai dari hulunya dengan cara memahami penyebab utama segala permasalahan.

“Ketika ada masalah yang besar seperti ini, harus paham tentang epidemiologi. Jika paham sampai detail, saya bisa mengambil keputusan yang tepat dan memberikan arahan dengan tepat,” ujarnya.

Untuk mempercepat penyampaian informasi yang efisien, terjangkau dan transparan kepada seluruh pemangku kepentingan, komunikasi yang dibangun berbasis digital sebagai wujud SPBE (Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik).
“SPBE yang kami lakukan dalam menangani Pandemi Covid-19 saat ini adalah membuat berbagai aplikasi sebagai sarana informasi dan komunikasi kepada masyarakat yang mudah diakses,” ujar Bupati.

Bupati pun menyebutkan beberapa aplikasi tersebut yang dihasilkan saat terjadinya Pandemi Covid-19 dan telah mendapatkan apresiasi dari berbagai kalangan.

“Ada aplikasi Markonah atau Mari Kerja Online dari Rumah untuk WFH, ada juga ‘Maijah’ atau Mari Jaga dan Cegah untuk informasi terkini perkembangan Covid-19, ada ‘Mauneh’ atau Mari Update Data Bansos agar Tidak Nyeleneh, ‘Amari’ atau Aplikasi Mawas Diri (Covid-19) dan terakhir diluncurkan ‘WA Kepo’ atau Whatsapp Kebutuhan Informasi dan Pelayanan Online,” tuturnya.

Selain Bupati Sumedang dan Dekan Fikom Unpad, webinar juga menghadirkan narasumber lainnya antara lain Direktur Injabar Unpad Keri Lestari, Wakil Dekan Fikom Unpad Atwar Bajari, Dekan Fikom Unpad dan Dosen Prodi Humas Fikom Unpad Heru Ryanto Budiana.

Categories: Pendidikan