Demi Suksesnya West Java Paragliding World Championship, Pemkab Sumedang Lakukan Gladi Bersih Pembukaan

SUMEDANG, eljabar.com — Dalam rangka menjamin kesuksesan pelaksanaan event West Java Paragliding World Championship and Culture Festival 20019 yang akan berlangsung pada tanggal 22-28 Oktober 2019, Pemerintah Kabupaten Sumedang menggelar Gladi Bersih Pembukaan dan Apel Gelar Pasukan di Alun-Alun Sumedang, Selasa (21/10/2019).

Sebanyak 500 orang personil yang terdiri dari unsur TNI, Polri, Dishub, BPBD, Satpol PP, Dinkes, PMI, dan Ormas dikerahkan untuk mengawal pelaksanaan even internasional tersebut.

Gladi sendiri dihadiri langsung oleh Bupati Sumedang H. Dony Ahmad Munir, Wakil Bupati Sumedang H. Erwan Setiawan dan Sekretaris Daerah Kabupaten Sumedang Herman Suryatman yang semuanya mengikuti rangkaian acara yang disimulasikan oleh panitia.

Berbagai macam kesenian yang akan mengisi acara di even internasional tersebut satu persatu ditampilkan diantaranya Tari Pembuka, Seni Reak, Tari Umbul, Drumband, Kuda Renggong, Kirab Pasukan Keraton Sumedang Larang, Songah dan Pencak Silat. Masing-masing berlatih dengan semangat untuk mempersembahkan yang terbaik.

Walaupun sifatnya masih gladi, Bupati berharap agar semua pengisi acara tetap berdisiplin dalam menjalani latihan.

“Agar sempurna, kita anggap latihan ini seolah-olah benar-benar pelaksanaan di hari H. Jadi saya minta semuanya bersungguh-sungguh selama gladi ini,” ujar Bupati di hadapan seluruh peserta gladi.

Dengan menjadi bagian dalam penyelenggaraan even tersebut, lanjut Bupati, tentu akan menjadi catatan sejarah bagi masing masing peserta.

“Kita akan tercatat dalam sejarah yang bisa kita ceritakan kepada anak cucu kita bahwa kita pernah tampil di hadapan 23 negara dalam even ini. Tentu akan menjadi kebanggaan tersendiri,” tuturnya.

Bupati juga meminta agar semua berdoa demi kelancaran acara tersebut.

“Selain berikhtiar lahir, kita juga harus berikhtiar batin. Jadi saya minta semua menyelipkan dalam doanya masing masing agar diberi kelancaran pada waktu pelaksanaan,” ucapnya.

Dalam Apel Gelar Pasukan, Bupati menyampaikan amanatnya yang isinya antara lain apresiasi kepada seluruh jajaran yang akan terlibat dalam menjaga stabilitas keamanan selama penyelenggaraan kejuaraan dunia paralayang ini.

“Kita harapkan kegiatan ini bukan hanya sekedar sukses dari sisi pelaksanaan, namun juga sukses sebagai tuan rumah bagi para tamu yang datang dari berbagai penjuru dunia,” ungkapnya.

Dikatakan Bupati lebih lanjut,  apel tersebut dalam rangka pengecekan kesiapan dalam penyelenggaran even yang akan berlangsung besok.

“Berbulan bulan even ini telah kita rancang, telah kita persiapkan. Besok (22/10) adalah pembukaannya. Untuk itu, saya mohon perhatian dari ibu bapak yang terlibat pada acara ini agar lebih kuat dan lebih keras mencurahkan tenaga dan pikirannya dalam persiapan kita,” ucapnya.

Dikatakan Bupati, selama sepekan Sumedang akan menjadi tuan rumah  bagi 160 lebih atlet  dari 23 negara. Oleh karena itu, pelayanan dan kesan yang baik harus ditunjukkan.

“Kegiatan ini menyangkut nama baik Sumedang. Bagaimana kita harus jadi tuan rumah yang baik dan profesional sehingga even internasional ini akan berjalan dengan lancar dan sukses,” pungkasnya. (Abas)

Advertisement

Categories: Pemerintahan