Desa Malaka Jadi percontohan Desa Lingkungan Hidup – El Jabar

Desa Malaka Jadi percontohan Desa Lingkungan Hidup

Sumedang, eljabar. Com — Pemerintah Daerah Kabupaten Sumedang melalui Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) menunjuk Desa Malaka Kecamatan Situraja sebagai Desa Percontohan Lingkungan Hidup (DPLH).

Sekda Herman Suryatman mengatakan, penetapan tersebut diharapkan menjadikan warga Desa Malaka mampu meningkatkan kualitas lingkungannya salah satunya dengan menghijaukan pekarangan rumah warga.

“Minggu depan DLHK akan memberikan bantuan bibit pohon tanaman keras seperti buah buahan maupun bibit cengek sehingga rumah-rumah warga di Malaka dihijaukan. Saya kira luar biasa, nanti akan kita kawal dan monitor,” ungkap Sekda saat Sapa Warga di Desa Malaka, Rabu, (5/1/2022).

Kadis DLHK Yosep Suhayat mengatakan, khusus untuk pengelolaan sampah, pihak DLHK akan membantu warga dengan  menjadikannya pupuk cair, pupuk padat dan pembiakan magot.

“Magot sangat bermanfaat untuk asupan makanan ternak. Ternak yang mengkonsumsi magot kadar proteinnya tujuh kali lipat dari ternak yang tidak mengkonsumsi magot,” kata Yosep.

Categories: Regional