Dewan Dorong Pemkab Sumedang Cepat Realisasikan Perbaikan Jalan Bujil Cisempur - El Jabar

Dewan Dorong Pemkab Sumedang Cepat Realisasikan Perbaikan Jalan Bujil Cisempur

SUMEDANG, eljabar.com — Anggota DPRD Sumedang yang juga Ketua Komisi I Asep Kurnia mengatakan, perbaikan Jalan Bujil Cisempur yang menghubungkan Kecamatan Cimanggung dan Jatinangor yang masuk wilayah Desa Cihanjuang dan Sawahdadap agar secepatnya terealisasi. Sebab di tahun 2021 sudah ada Dana Alokasi Khusus (DAK) sebesar Rp4 miliar lebih yang sempat tertunda gegara di refocusing.

“Mengawali  aktivitas hari ini saya mencoba berkunjung ke Dinas PUPR, alhamdulillah mendapat penjelasan yang bahwa tahun ini terdapat program peningkatan ruas jalan Cicabe-Cisempur yang bersumber dari DAK fisik, dengan flapon anggaran sementara sekitar Rp4 milyaran lebih,” katanya.

Pada saat reses 2019 lalu, Pihaknya bersama kades melihat langsung lokasi jalan tersebut dan memang kondisinya rusak parah.

“Kita akan terus mengawal agar perbaikan jalan tersebut segera terwujud. Ya maksimal Maret 2021 atau tidak secepatnya jalan itu sudah diperbaiki,” ujarnya.

Menurut Akur (sapaan akrabnya) jalan itu sebagai akses penghubung beberapa desa dan dua kecamatan. Bahkan menjadi jalan alternatif apabila jalan nasional Bandung Garut macet. Sehingga, diperlukan perbaikan segera agar tidak ada korban jiwa. Apalagi memasuki musim penghujan, jalanan menjadi sangat licin.

“Anggarannya dari DAK kan sudah ada, tunggu apa lagi, tinggal dieksekusi,” katanya.

Seperti diketahui, sejumlah warga di Kecamatan Cimanggung dan Jatinangor mengeluhkan terkait rusaknya jalan Cicabe-Cisempur atau Bujil Cisempur itu. Jalan dengan status Kabupaten itu tak tercover dana desa lantaran kewenangan Pemkab.

DPRD Sumedang pun sempat berkunjung ke sana usai reses pada 2019 silam. Namun, sampai tahun ini jalan belum juga mendapatkan perbaikan. (Abas)

Categories: Regional