Dikelola Secara Manual, Produksi Sampah di Sumenep Capai 28 Ton per Hari – El Jabar

Dikelola Secara Manual, Produksi Sampah di Sumenep Capai 28 Ton per Hari

SUMENEP, eljabar.com — Produksi sampah di Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, mencapai 28 ton setiap harinya. Hal itu menyebabkan tempat pembuangan akhir (TPA) sampah di Desa Torbang Kecamatan Batuan Sumenep saat ini dalam kondisi memperihatinkan.

Pasalnya, dengan menghindari tumpukan sampah agar tidak menggunung, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Sumenep, menyiasati dengan cara menimbun, atau masih menggunakan sistem manual.

“Kita uruk mengunakan ekskavator, kemudian kita timbun,” kata Kepala Bidang Pengelolaan Sampah, Limbah dan B3 Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Sumenep Agus Salam, Rabu (04/08/2021).

Dia menjelaskan jika TPA dengan luas 8 hektar itu tidak ada aktivitas pengolahan sampah. Baik berupa pemilahan maupun pengelolaan sampah agar menjadi barang yang bermanfaat.

“Hanya dimanfaatkan oleh pemulung,” tambahnya.

Dia mengatakan tidak adanya pengelolaan sampah secara maksimal itu bukan tanpa alasan. Sebab, jumlah anggaran yang dialokasikan untuk persampahan sangatlah terbatas.

“Mau dikelola bagaimana, semua kembali lagi ke anggaran, anggaran di DLH itu terbatas,” ucap Agus tidak menyebut nominal.

“Kalau dibakar kan polusi, agar tidak menumpuk dan berbau ya ditimbun,” timpalnya.

Dia berharap, Pemerintah dapat meningkatkan jumlah anggaran untuk pengelolaan sampah, baik dari alokasi APBD maupun APBN. Sehingga produksi sampah di Sumenep dapat dikelola dengan maksimal.

“Mudah-mudahan anggaran pengelolaan sampah di DLH ditambah,” tutupnya. (ury)

Categories: Regional