Dimasa Pandemi, Mebel Kota Sukabumi Mulai Menggeliat Lagi - El Jabar

Dimasa Pandemi, Mebel Kota Sukabumi Mulai Menggeliat Lagi

SUKABUMI, eljabar.com — Sejumlah para pelaku usaha mebel di Kota Sukabumi, mulai bergeliat lagi mengerjakan pesanan dari konsumenya. Walaupun dimasa pandemi Covid-19 ini, tak sedikit pengrajin mebel harus mengurangi jumlah pekerjanya.

“Alhamdulillah, kami sudah melakukan pekerjaan untuk memenuhi pesanan dari pelanggan,” ujar Usep Abdullah pemilik Toko Mebel Mulia di Jalan Koleberes, Kelurahan Dayeuh Luhur, Kecamatan Warudoyong, Kamis (3/11/2020).

Usep mengungkapkan, jika sebelumnya penjualnya alami penuruna 40 sampai 50 persen, sehingga berdampak juga terhadap pengurangan karyawan dan pendapatan.

“Disisi lain saya bersyukur, sebab masih bisa bertahan di tengah pandemi ini,” tuturnya.

Dalam situasi saat ini, bagaimana masih bisa menjual dan mampu memenuhi pesanan para konsumen.

“Jadi, ketika ada untung sedikit saya jual langsung, begitu juga dengan pesanan saya manfaatkan dulu uang muka dari konsumen untuk melakukan pekerjaan,” ungkapnya.

Meskipun sudah membaik, ungkap Usep, namun belum menunjukan normal. Tapi penjualan terus ada.

“Ya, dalam sepekan bisa kejual 5 atu 6 kursi jenis sofa,” terangnya.

Namun yang menjadi kendala saat ini kata Usep, bahan baku kain yang sangat sulit didapat. Apalagi dari daerah Cina harus sabar untuk mendapatkan barangnya.

“Motif kainnya yang susah saat ini, karena pemesan kebanayakn ingin warn ayang berbeda dari biasanya. Tapai kalau untuk bahan baku lainya masih tergolong aman, karena masih mengadalkan lokal,” ungkapnya. (***)

Categories: Ekonomi